ADVERTISEMENT

Waspada Cuaca Ekstrim Awal Bulan Januari 2024, Simak Wilayah Terdampaknya!

Kamis, 4 Januari 2024 08:48 WIB

Share
Ilustrasi cuaca ekstrim.(Ist)
Ilustrasi cuaca ekstrim.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis potensi cuaca ekstrim wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan. Cuaca ekstrem berupa hujan lebat turut, memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah. 

Berdasarkan analisis BMKG, diidentifikasi hingga sepekan kedepan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, antara lain:

1. Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

2. Aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

3. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari kedepan.

4. Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer diatas, maka untuk sepekan kedepan yakni, 03 - 10 Januari 2024, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga *LEBAT*  di sebagian wilayah :

* Aceh

* Sumatra Utara

* Sumatra Barat

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT