ADVERTISEMENT

Mitsubishi Bakal Rilis Model All New Triton Generasi Ketiga, XFORCE, XPANDER FL, dan Outlander PHEV di Pasar Malaysia

Rabu, 3 Januari 2024 18:05 WIB

Share
Mitsubishi Bakal Rilis Model All New Triton Generasi Ketiga, XFORCE, XPANDER FL, dan Outlander PHEV di Pasar Malaysia (Foto: Ist)
Mitsubishi Bakal Rilis Model All New Triton Generasi Ketiga, XFORCE, XPANDER FL, dan Outlander PHEV di Pasar Malaysia (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dibandingkan dengan beberapa merek pemain raksasa di pasar Malaysia seperti Proton dan Perodua, tahun 2023 dikatan menjadi tahun yang tenang bagi Mitsubishi Motors. Namun, beberapa model pilihan regional dari merek Jepang akan hadir di Malaysia.

Mobil Triton yang memulai debut globalnya pada Juli tahun lalu, kini telah memimpin daftar truck pick-up generasi ketiga. Saat ini, mobil All New Triton terindikasi akan tiba di Malaysia sebelum akhir tahun 2024, dan tanggal pastinya masih harus dipastikan.

Seperti yang kita ketahui, Triton generasi ketiga memulai debutnya di Thailand, dan menandai kembalinya model tersebut ke pasar Jepang untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Konfigurasi kabin ganda yang paling sesuai untuk pasar Malaysia kini jauh lebih besar, yakni berukuran panjang 5.360 mm (+55,5 mm), lebar 1.930 mm (+115 mm) dan tinggi 1.815 mm (+35 mm), dengan jarak sumbu roda 3.130 mm.

Varian Triton dengan spesifikasi lebih tinggi akan dipadukan dengan mesin 2WD yang lebih praktis. Mesin ini dikenal sebagai Triton Quest pada pendahulunya, dan versi faceliftnya dihargai hanya di bawah RM80.000 atau sekitar Rp saat diluncurkan. Di tempat lain, Triton generasi ketiga juga ditawarkan dalam bentuk Club Cab dan Single Cab.

Darah baru dari merek mobil tersebut hadir dalam bentuk Xforce, SUV segmen B yang melakukan debut globalnya di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 lalu.

Memasuki segmen yang terdiri dari pendatang seperti Honda HR-V dan Toyota Corolla Cross, Xforce memiliki panjang dengan ukuran 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm, sehingga ditempatkan di antara HR-V dan Corolla, serta Cross dari segi dimensi eksterior.

Berbagi platform dengan Xpander facelift, Xforce juga berbagi powertrain MPV yaitu unit bensin 105 PS/141 Nm 4A91 1,5 liter yang dipadukan dengan transmisi variabel kontinu. Selain itu, tata letak suspensi MacPherson struts di depan dan torsion beam di belakang juga sama dengan Xforce yang mendapatkan Active Yaw Control yang dipatenkan Mitsubishi yang mendistribusikan penggerak di antara setiap roda depan.

Xforce akan dibangun di pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, dan jadwal kedatangannya di pasar Asean berarti SUV segmen B juga akan ditujukan untuk Malaysia.

Andalan lainnya di jajaran Mitsubishi Motors Malaysia, Xpander telah mendapatkan facelift, pertama kali debut di Indonesia pada November 2021, kemudian di Thailand pada Maret 2022 .

Perubahan utama pada spesifikasi mekanis Xpander antara lain peralihan ke transmisi variabel kontinu (CVT) yang menggantikan transmisi otomatis konverter torsi empat percepatan pada pra-facelift yang merupakan versi yang saat ini dijual di Malaysia.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT