ADVERTISEMENT

Permintaan Toyota untuk Menjual Suzuki Jimny dengan Versi Terbaru Ditolak oleh Produsen Asli

Selasa, 2 Januari 2024 13:48 WIB

Share
Permintaan Toyota untuk Menjual Suzuki Jimny dengan Versi Terbaru Ditolak oleh Produsen Asli (Foto: Ist)
Permintaan Toyota untuk Menjual Suzuki Jimny dengan Versi Terbaru Ditolak oleh Produsen Asli (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belum lama ini, terdapat laporan yang mengklaim jika rencana Toyota untuk menjual versi baru dari Suzuki Jimny berpenggerak empat roda kecil dan city hatch Suzuki Swift telah dibatalkan oleh Suzuki.

Melansir dari laman Autocar India, Selasa (2/1/2024), seorang sumber yang merupakan pihak dari Suzuki mengatakan bahwa Toyota sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan mobil Jimny dan Swift untuk dijual di ruang pamer bersama Land Cruiser 4WD dan Yaris Hatchback.

Toyota diketahui memegang sebesar 5 persen saham Suzuki, dan kedua perusahaan berkolaborasi dalam model-model baru. Toyota RAV4 dan Corolla juga diketahui dijual sebagai Suzuki Across dan Swace di Eropa, namun di pasar berkembang banyak Suzuki yang dijual sebagai Toyota.

Namun, Jimny dan Swift versi Toyota tampaknya sudah keterlaluan, dan seorang pejabat Suzuki mengatakan kepada media India, "Kami dengan sopan menolak usulan Toyota.''

"Ini seperti meminta Toyota untuk mengizinkan kami merekayasa LandCruiser. Model yang menjadi inti merek kami tidak dimaksudkan untuk dibagikan dan kedua perusahaan menghormatinya," kata sumber Suzuki yang dilansir dari laman Autocar India, Selasa (2/1/2024).

Di India sendiri, Suzuki Baleno City Hatch dijual dengan nama Toyota Glanza (Starlet di Afrika Selatan), Suzuki Ertiga People Mover menjadi Toyota Lumion, dan SUV Suzuki Grand Vitara dan Toyota Urban Cruiser Hyryder memiliki badge dan bumper. 

Model berikutnya yang dikembangkan bersama oleh pembuat mobil asal Jepang tersebut diharapkan menjadi SUV listrik perkotaan baru pada tahun 2024  berdasarkan konsep dari kedua pembuat mobil yang memiliki bumper depan dan lampu depan akan berbeda, namun struktur bodi dan fasia belakang akan sama.
 
Sementara itu, masih belum jelas apakah Suzuki Swift yang direvisi akan cocok dengan penawaran global Toyota, karena Toyota telah menawarkan serangkaian city hatchback untuk pasar yang berbeda, termasuk Yaris Hybrid.
 
Ilustrasi dalam cerita yang dibuat oleh Theottle ini menunjukkan seperti apa rupa Jimny berlencana Toyota, dengan desain yang terinspirasi oleh Prado baru dan konsep  raksasa otomotif sebelumnya.

Toyota sampai saat ini belum sempat mengganti nama Suzuki Jimny, namun diperkirakan tengah mengembangkan kendaraan roda empat ringan miliknya sendiri.

Menurut laporan dari Jepang, mereka sedang mengembangkan 'Mini Land Cruiser' yang terinspirasi dari Toyota Compact Cruiser EV Concept 2021. Mobil tersebut mungkin akan menggunakan rangka tangga yang kokoh dan powertrain bensin, bensin hybrid, atau diesel.

Kabarnya, panjang mobil tersebut sekitar 4,3 meter, ukurannya mirip dengan Toyota Corolla Cross dan lebih panjang 0,5 meter dari Jimny XL lima pintu, namun merupakan model terkecil di jajaran Land Cruiser saat ini.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT