ADVERTISEMENT

Gempabumi Berkekuatan M6,6 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 30 Desember 2023 20:13 WIB

Share
Teks Foto: Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono. (ist)
Teks Foto: Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gempabumi berkekuatan magnitude (M) mengguncang Aceh, Sabtu (30/12/2023) siang.

Namun peristiwa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono di Jakarta, mengungkapkan  hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,50° LU ; 93,00° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 372Km arah Barat Daya Kota Calang, Aceh pada kedalaman 12 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas di Zona Investigator Fracture Zone (IFZ).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser ( strike-slip )," kata Daryono.

Ia menambahkan gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Selatan dan Simeulue  dengan skala intensitas IV MMI, daerah Aceh Barat Daya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah) daerah Aceh Besar dan daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Gempabumi susulan, kata Daryono, hingga pukul 12.41 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya. (johara)

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT