ADVERTISEMENT

Adrian Newey Support Rencana Aerodinamika di Formula 1

Sabtu, 30 Desember 2023 12:36 WIB

Share
Formual 1.(Foto/mercedesamgf1.com)
Formual 1.(Foto/mercedesamgf1.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Desainer legendaris Formula 1, Adrian Newey, mengatakan bahwa rencana kejuaraan untuk meningkatkan bagian aerodinamis aktif penting untuk masa depan mobil jalan raya.

F1 telah lama memiliki aero aktif pada mobil - bantuan menyalip dengan membuka sayap belakang, DRS, misalnya, telah digunakan sejak 2011 - tetapi hal ini akan meningkat pada peraturan baru yang berlaku 2026.

FIA dan promotor kejuaraan saat ini sedang menyelesaikan aturan desain untuk 2026 dan seterusnya, ketika mesin hibrida yang disederhanakan juga diperkenalkan.

 



Gagasan awal, seperti DRS terbalik untuk memperlambat mobil terdepan, telah ditinggalkan. Tetapi, kepala FIA untuk single-seater, Nikolas Tombazis, baru-baru ini mengatakan "pasti akan ada perubahan pada sayap di lintasan lurus untuk mencapai hambatan yang rendah" dan "akan ada sesuatu yang setara dengan DRS yang ada saat ini", yang mungkin juga akan digunakan saat mobil berada di tikungan.

Ketika ditanya tentang gagasan untuk memperluas penggunaan aero aktif di F1 dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Motorsport.com, kepala teknis Red Bull, Newey mengatakan, "Itu bukan urusan saya. Aero aktif yang lebih aktif benar-benar untuk mencoba menebus unit daya yang kekurangan energi.

"Aero aktif menjadi penting untuk menggantikan power unit yang kekurangan energi. Tapi, menurut saya, itu sama sekali bukan hal yang buruk. Mencoba mengemudikan mobil dengan efisiensi aerodinamis yang lebih baik jelas merupakan tujuan yang baik.

"Mengapa aero aktif tidak menjadi bagian dari itu? Lagipula, itu sudah menjadi bagian dari itu di mobil jalan raya.

"Ada banyak sekali mobil yang Anda lihat dengan spoiler yang naik turun di tutup bagasi dan sebagainya. Jadi, mengapa tidak ada yang seperti itu di balapan? Aero aktif hanya mendapat nama buruk ketika sayapnya lepas di era 60-an. Kami sudah jauh melampaui itu sekarang."

 


Newey juga menambahkan bahwa, "F1 biasanya merupakan cara yang baik untuk mempopulerkan berbagai hal pada mobil jalan raya. Jika Anda melihat ke belakang, hal-hal seperti rem cakram (yang telah terjadi).

"Tapi kemudian, baru-baru ini ada mobil sport berbahan serat karbon - trim serat karbon palsu atau asli, dan lain-lain. Semua hal yang diinginkan oleh pembeli di jalan raya menginginkan sebuah asosiasi dan produsen tentu saja menyediakan asosiasi tersebut.

"Jadi, aero aktif harus menjadi masa depan mobil jalan raya, jadi saya pikir sudah selayaknya Formula 1 menunjukkannya, menampilkan kekuatannya."

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT