ADVERTISEMENT

Norris Klaim Tahun 2023 Musim Terbaiknya dalam Berkarir di Formula 1

Kamis, 28 Desember 2023 10:55 WIB

Share
Lando Norris . (Foto/mclaren.com)
Lando Norris . (Foto/mclaren.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Lando Norris menganggap musim 2023 adalah musim terbaiknya di Formula 1. Pembalap McLaren itu juga lebih pandai mengelola ban dibandingkan musim-musim sejak debut di balap jet darat pada 2019.

Meskipun tim pepaya mengalami awal yang sulit di musim yang baru saja berlalu, pekerjaan pengembangannya membantunya beralih dari perjuangan untuk lolos dari Q1 menjadi penantang terdekat Red Bull secara teratur. Norris mencetak tujuh hasil podium terbaik dan memimpin pada tahap awal balapan di Silverstone dan Austin.

Ketika diminta untuk menilai musim 2023 dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Motorsport.com, Norris menjawab, "Saya pikir ini adalah tahun terbaik saya. Saya pikir ini adalah tahun terbaik kami sebagai tim. Saya rasa banyak hal yang membuat kami berhasil meraih kesuksesan sejak awal yang telah kami raih.

 



"Saya rasa ada banyak penampilan hebat - baik dari segi balapan maupun penampilan yang bagus. Meksiko (di mana Norris melesat dari posisi 17 ke posisi lima dengan serangkaian salip-menyalip yang memukau di tengah-tengah pelarian yang lambat di start kedua) mungkin menjadi puncak dari semua itu."

Prinsipal McLaren, Andrea Stella, baru-baru ini mengatakan kepada Motorsport.com bahwa pada 2023, Norris memiliki "kemampuan untuk memahami cara mengemudikan mobil, di mana kami berada dengan ban, apa arti perubahan kondisi ini, bagaimana (ia) harus menyesuaikan gaya mengemudi saya" untuk membantu McLaren lebih dekat dengan Verstappen dalam balapan daripada banyak pesaing lainnya pada tahap tertentu musim lalu.

Mendengar kata-kata ini, Norris menjelaskan bahwa ia tetap merasa harus beradaptasi setiap akhir pekan untuk mencapai penampilan balapan terbaik dalam elemen penting manajemen ban pada ban Pirelli yang rapuh.

"Saya masih belum terlalu nyaman setiap akhir pekan dengan (berpikir), 'mobil akan melakukan ini akhir pekan ini dan melakukan itu', separuh waktu itu tidak terjadi," tambahnya.

"Jadi, saya seperti, 'Oke, sekarang saya harus mengemudikannya sedikit lebih seperti ini' dan semua hal ini.

 



"Formula 1 menurut saya sering kali dinilai terlalu cepat. Jika seorang pembalap memiliki dua akhir pekan yang baik berturut-turut, mereka akan berkata, 'Oh, dia sudah kembali'. Namun akhir pekan berikutnya ia hilang lagi dan itu (kebalikannya).

"Jadi, saya pikir saya selalu memiliki beberapa balapan yang bagus dari waktu ke waktu, tetapi ketika saya melihatnya sebagai sebuah musim, dari semua balapan ini, penampilan saya jauh lebih konsisten di hari Minggu.

"Apa pun kondisinya, tidak peduli apakah itu panas atau dingin atau apakah mobilnya sangat cepat atau sedikit kesulitan, atau apakah set-up-nya sesuai dengan yang saya inginkan atau tidak, apakah saya start dari depan atau belakang - saya selalu bisa memanfaatkan situasi apa pun yang saya hadapi.


"Dan saya pikir itu adalah hal yang telah saya tingkatkan tahun ini. (Hal itu) adalah mampu beradaptasi lebih banyak lagi dengan semua skenario yang berbeda dan kondisi yang berbeda yang menantang Anda."

Norris mengatakan bahwa kemajuannya disebabkan oleh waktu dan usaha yang dicurahkan, yang menurutnya mencakup banyak hal tentang simulator, banyak data, pembelajaran - termasuk mempelajari penampilannya sebelumnya dan pembalap McLaren lainnya selama ia bergabung dengan tim.

"Saya tidak akan mengatakan rahasianya atau apa pun, hanya saja banyak simulator mungkin adalah salah satu hal terbesar," katanya.

 


"Tetapi juga waktu untuk melihat data yang membandingkan saya dan Daniel (Ricciardo, 2021-2022), saya dan Oscar (Piastri, 2023 dan seterusnya), bahkan saya dan Carlos (Sainz, 2019-2020).

"Kami kembali ke masa lalu untuk memahami apa yang saya lakukan dengan baik dan buruk saat itu, apa yang dia lakukan dengan baik dan buruk saat itu, dan hal yang sama untuk Daniel dan sama untuk Oscar sekarang. Pada dasarnya, hanya bekerja."

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT