ADVERTISEMENT

3 Tempat Wisata Sejarah di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Bisa Liburan Seru Sambil Belajar Budaya

Selasa, 26 Desember 2023 19:06 WIB

Share
3 Tempat Wisata Sejarah di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Bisa Liburan Seru Sambil Belajar Budaya (Foto: Ist)
3 Tempat Wisata Sejarah di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Bisa Liburan Seru Sambil Belajar Budaya (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Simak tiga tempat wisata bersejarah di Cirebon yang wajib dikunjungi oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di akhir tahun.

Kota Cirebon yang juga dikenal dengan sebutan 'Kota Wali' ini rupanya menyimpan banyak tempat wisata bersejarah yang kental akan nilai budaya nusantara serta keagamaan.

Tak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan religi, Cirebon juga memiliki sejumlah tempat wisata sejarah yang tak boleh terlewatkan pada saat berkunjung ke kota ini.

Nah, jika kamu tertarik dan penasaran dengan tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon, berikut POSKOTA berikan tiga rekomendasi destinasi wisata sejarah terbaik yang layak untuk dikunjungi.

1. Keraton Kasepuhan

Rekomendasi tempat wisata sejarah pertama di Cirebon yang wajib dikunjungi saat musim liburan adalah Keraton Kasepuhan. Tempat bersejarah yang terletak di Jalan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwunguk, Cirebon ini merupakan sebuah istana peninggalan kesulatanan Cirebon.

Setiap bangunan yang ada di istana Keraton Kasepuhan memiliki banyak makna sejarah yang mendalam bagi masyarakat Cirebon. Selain terdapat istana kesulatanan yang masih berdiri kokoh, destinasi wisata sejarah satu ini juga mempunyai museum yang di dalamnya terdapat banyak artefak serta peninggalan dari zaman kerajaan di Cirebon.

Salah satu koleksi dari museum Keraton Kasepuhan yang sangat menarik minat para pengunjung adalah Kereta Singa Barong atau biasa dikenal dengan Kereta Emas Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kacirebonan

Salah satu tempat wisata sejarah di Cirebon berikutnya adalah Keraton Kacirebonan. Bangunan bersejarah yang berlokasi di Jalan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon ini diketahui merupakan tempat tinggal dari sultan Kacirebonan dan keluarga besarnya.

Keraton Kacirebonan didirikan pada tahun 1800-an masehi. Tempat yang saat ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah dan budaya menyimpan banyak peninggalan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, salah satunya adalah kitab dari zaman para wali dan koleksi gamelan-gamelan kuno.

3. Keraton Kanoman

Rekomendasi tempat wisata sejarah terakhir yang bisa kamu datangi pada saat libur akhir tahun adalah Keraton Kanoman. Keraton satu ini merupakan salah satu dari dua bangunan yang diketahui membentuk kesulatanan Cirebon pada saat itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT