ADVERTISEMENT

Ratusan Warga Suku Baduy Antusias Ikuti Simulasi Pemungutan Suara oleh KPU Lebak

Minggu, 24 Desember 2023 16:38 WIB

Share
Warga suku Baduy di Lebak saat mengikuti simulasi pemungutan suara. (Foto: Ist).
Warga suku Baduy di Lebak saat mengikuti simulasi pemungutan suara. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID –   Pemilihan Umum (KPU) Lebak, melakukan simulasi pemungutan suara untuk Pemilu 2024, di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Minggu (24/12/2023).

Simulasi yang difokuskan untuk warga suku Baduy tersebut, diikuti oleh ratusan warga adat suku Baduy yang memiliki hak suara di wilayah tersebut.

Meski hanya simulasi, kegiatan tersebut tidak asal-asalan melainkan layaknya pemungutan suara sungguhan.

Sebab, perangkat dan sarana pendukung, baik kotak suara, kertas suara, bilik suara, KPPS, Saksi, dan pendukung sarana lainnya cukup lengkap. 

Nampak dalam simulasi itu, satu persatu warga Baduy yang sudah terdata dan punya hak suara, dipanggil oleh petugas KPPS, mereka di kasih lima kertas suara mulai dari warna Abu-Abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, Kuning DPR RI, Merah DPD RI, Biru DPRD Provinsi, dan Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota.

"Dalam simulasi ini, mulai dari warga menyerahkan surat panggilan kepada petugas KPPS, menerima surat suara, mencoblos di bilik suara hingga memasukkan ke dalam kotak suara dan diakhiri mencelupkan jari ke tinta yang disediakan petugas," ungkap Ni’matullah, Ketua KPU Lebak.

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini dilakukan secara riil sesuai dengan aslinya. "Proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB," katanya.

Menurutnya, simulasi penting dilakukan untuk melihat bagaimana gambaran kondisi di tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga dari simulasi yang dilakukan, KPU bisa melihat apa saja kendala dan kekurangan untuk diperbaiki ke depan.

“Simulasi ini menjadi bagian dari sosialisasi kita, terutama bagi masyarakat di Desa Kanekes. Di sini bisa dilihat apa saja yang kurang dan harus diantisipasi,” ujarnya.

Dia berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 secara keseluruhan terutama pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT