ADVERTISEMENT

4 Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui Orang, Ternyata Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Minggu, 24 Desember 2023 11:28 WIB

Share
Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui Orang. (Ist)
Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui Orang. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banyak orang yang beranggapan bahwa, melamun merupakan salah satu hal yang kurang bermanfaat. Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena melamun ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

Apabila Anda masih berpikiran melamun hanya membuang-buang waktu, sebaiknya Anda perlu menyimak beberapa manfaatnya dalam artikel ini. Siapa tau dapat membantu mengatasi kesehatan mentalmu.

Saat melamun, seseorang akan terlihat seperti termenung dengan khayalan dan imajinasinya sehingga tidak fokus dengan keadaan sekitar.

Meski terlihat tidak bermanfaat, dengan memahami apa itu melamun dan manfaatnya untuk kesehatan dapat membantu Anda menjaga pikiran.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat melamun yang wajib Anda ketahui untuk mengistirahatkan otak setelah melakukan aktivitas cukup padat.

1. Mengurangi Stres dan Cemas
Melamun adalah salah satu bentuk mengistirahatkan otak. Manfaat melamun sendiri dapat mengurangi stres dan kecemasan bagi seseorang.

Sebab, saat melamum tekanan darah akan menurun. Hal tersebut akan membuat diri Anda lebih tenang terhadap masalah yang sedang dihadapi.

2. Mengingkatkan Produktivitas
Kemudian, manfaat melamun lainnya yakni, mengingkatkan produtivitas. Dengan melamun Anda dapat meningkatkan kerja memori yang memungkinkan pikiran lebih jernih.

Dengan kata lain, melamun dianggap memiliki efek positif dan stimulan pada kinerja tugas seseorang sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan.

3. Meningkatkan Daya Ingat
Melamun bukan sekedar pelarian kecil tetapi membebaskan pikiran agar menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, melamun dianggap dapat membantu mempertahankan dan mengingat suatu ingatan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT