ADVERTISEMENT

Menambah Jejeran Koleksi Motor Klasik, Kawasaki W175 Resmi Diluncurkan

Sabtu, 23 Desember 2023 14:47 WIB

Share
Menambah Jejeran Koleksi Motor Klasik, Kawasaki W175 Resmi Diluncurkan (Foto: Ist)
Menambah Jejeran Koleksi Motor Klasik, Kawasaki W175 Resmi Diluncurkan (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tak hanya di Tanah Air, motor Kawasaki W175 kini juga telah resmi dipasarkan di India. Oleh karena itu, W175 mendapat sejumlah perubahan penting, diantaranya alat penyemprot bahan bakar dengan injeksi bahan bakar sebagai pengganti karburator, speedometer kombinasi analog dan digital, serta rem ABS canggih.

Tak hanya itu, produsen juga telah merilis produk baru bernama Kawasaki W175 Street Version 2024. Tak hanya memadukan tampilan retro dengan warna modern, namun juga tampil beda karena menggunakan pelek racing atau pelek cast alumunium alloy. Sebagai pembeda dengan versi standar W175 yang menggunakan pelek berjeruji dan juga dijual.

Kawasaki di Indonesia biasanya bertindak sebagai pionir dan tidak mau mengikuti yang lain, namun di India justru sebaliknya. Kawasaki muncul lebih lambat dibandingkan merek Jepang lainnya.

Pasalnya, Yamaha sudah lebih dulu merilis Yamaha FZX 150 lalu Honda merilis CB350 H'ness, dan banyak persaingan dari produk lokal di segmen sepeda motor klasik dan tentunya W175 sudah ada di Asia Tenggara, jadi tidak ada kesulitan bagi Kawasaki untuk memasarkan sepeda motor tersebut.

Namun menurut kabar dari India, motor ini dirakit sendiri oleh Kawasaki India, dan ada sedikit perbedaan dengan W175 versi India. Jika W175 versi Indonesia masih menggunakan karburator, maka W175 versi India sudah menggunakan FI. Jadi kalau dilihat dari bagian mesin, apalagi model knalpotnya, akan terlihat aneh, katalis menjadi semakin ketat untuk memenuhi peraturan emisi BS6.

Perubahan juga terjadi pada panel speedometer, dengan menambahkan beberapa alat pengukur, namun tetap mempertahankan model speedometer analog, dengan lampu depan berbentuk bulat, kaca spion bulat, lampu sein, dan lampu rem yang juga menampilkan bohlam model lama di seluruh bagiannya.
 
Untuk semakin menyempurnakan nuansa klasiknya, W175 India juga dilengkapi suspensi belakang ganda dan suspensi depan teleskopik dengan pelindung. Bedanya, model handle belakang berbentuk panjang dan ada juga tambahan surrey proteksi yang menarik rem belakang agar fix. Jadi, hanya bagian depan saja yang memiliki sistem pengereman anti lock atau fungsi pengereman ABS.

Meski menggunakan injeksi bahan bakar, akan tetapi tenaganya tidak banyak berubah. Dilengkapi dengan mesin 177cc 1 silinder SOHC 5 kecepatan berpendingin udara, output maksimum hanya 9,6kW (13 tenaga kuda) atau 7.500 rpm, dan torsi maksimum 13,2 Nm (1,3 kg・m) / 6.000 rpm.
 
Akhirnya diputuskan harga Kawasaki W175 Street 2024 di India dibanderol dengan harga Rs 135.000. Ini lebih murah Rs 12.000 dibandingkan versi wire wheel yang berharga Rs 147.000 atau sekitar Rs 100.000 jika dikonversi ke rupiah harganya menjadi Rp 30 juta.

Kawasaki W175 2024 Street versi India tersedia dalam dua varian warna, diantaranya Candy Emerald Green, yang merupakan warna dominan hijau metalik yang unik, dan Metallic Moondust Grey, yang merupakan warna abu-abu retro lainnya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT