ADVERTISEMENT

Honda Resmi Umumkan Harga dari Sepeda Motor Listrik EM1 e: di Pasar Tanah Air

Jumat, 22 Desember 2023 15:30 WIB

Share
Honda Resmi Umumkan Harga dari Sepeda Motor Listrik EM1 e: di Pasar Tanah Air (Foto: Ist)
Honda Resmi Umumkan Harga dari Sepeda Motor Listrik EM1 e: di Pasar Tanah Air (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Honda belum lama ini membuat perubahan haluan yang cukup besar dengan meluncurkan produk baru AHM yang sebelumnya menjadi bahan perbincangan di beberapa media otomotif Tanah Air karena perilisan Honda Stylo 160.

Namun baru-baru ini Honda kembali membuat gempar para penggemar otomotif di Indonesia dengan merilis harga resmi dari sepeda motor listrik Honda EM1 e:.

Skuter listrik resmi pertama di Indonesia, Honda EM1 e: pada awalnya diluncurkan di ajang pameran otomotif GIIAS 2023 pada bulan Agustus tahun lalu, namun saat itu AHM belum mematok harga dari sepeda motor listrik tersebut. Namun pada hari ini AHM resmi mengumumkan harga Honda EM1 e:.

Harga dari Honda EM1 e: dibanderol seharga Rp 33 juta untuk model standar dan Rp 33,5 juta untuk model EM1 e: Plus. Honda EM1 e: dianggap sebagai skuter listrik kecil. Performanya sama dengan skuter 50cc yang dilengkapi mesin pembakaran internal. Pabrikan mengklarifikasi bahwa EM adalah singkatan dari "Electric Moped", 1 mengacu pada moped listrik pertama, dan e: berarti "Electric Moped".

Sementara itu, performa utama skutik ini dibekali dengan tenaga motor 2,3 tenaga kuda (PS) di roda belakang dan ditenagai baterai lithium-ion Honda Mobile Power Pack e: yang dapat diganti secara bebas.
 
Setiap paket baterai memiliki jangkauan maksimum 48 kilometer dan kecepatan tertinggi 45 kilometer per jam dimungkinkan dalam mode berkendara ECO. Namun pengujian WMTC Class 1 menunjukkan skutik tersebut hanya mampu menempuh jarak hingga 30 kilometer.
 
Baterai juga dapat diisi dari 25% hingga 75% dalam 160 menit, dengan pabrikan sedang mengerjakan sistem penggantian baterai. Dengan mengizinkan pemilik skuter untuk 'menyewa' baterai.

Pabrikan mengatakan, "Ini menghilangkan tanggung jawab pelanggan atas prosedur pembuangan dan daur ulang baterai yang rumit, sehingga mengurangi masalah pemborosan teknologi yang tidak perlu."

Skutik EM1 e: dibekali sistem rem cakram depan dan bagian belakangnya dilengkapi dengan rem tromol. Rem dari Honda EM1 e: tersebut dikendalikan oleh sistem CBS.

Berat kendaraan adalah 95 kilogram dan berat baterainya kurang lebih 10 kg per set. Baterainya terletak di bawah jok dan erdapat kompartemen penyimpanan 3,3 liter juga untuk menyimpan barang-barang kecil.
 
Kendaraan ini juga dilengkapi kompartemen penyimpanan depan yang dapat dengan mudah menampung botol air 500mm, port pengisian USB untuk perangkat seluler, serta kotak belakang berkapasitas 35 liter juga tersedia sebagai aksesoris tambahan.
 
Sebaliknya, model EM1 e: plus yang dijual dengan harga yang lebih mahal ini dilengkapi dengan aksesoris tambahan, seperti stand belakang cocok untuk menyimpan barang bawaan dan kotak perlengkapan. Warna perak matte khusus juga tersedia hanya tersedia di versi ini.
 
Model standar tersedia dalam tiga warna, diantaranya putih, merah, dan hitam. Dilihat dari harga jualnya yang relatif murah dibandingkan skuter listrik yang diproduksi di China.
 
Kedua model Honda EM1 e: tersebut sebagian besar diproduksi di pabrik di Indonesia dan menggunakan bahan produksi lokal. Pabrik ini menggunakan hingga 40% suku cadang dan materialnya dan didukung oleh pemerintah. Dengan mendukung keringanan pajak impor suku cadang  produksi, AHM mampu menghasilkan produk alternatif dengan harga lebih murah.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT