ADVERTISEMENT

Sisa Makanan Hotel Novotel dan ibis Styles Mangga Dua Square Dikemas Tanaman Organik

Kamis, 21 Desember 2023 11:16 WIB

Share
Foto: Sisa Makanan Hotel Novotel & Ibis Styles Mangga Dua Square, Jakarta Utara di diolah tanaman Organik.(ist.)
Foto: Sisa Makanan Hotel Novotel & Ibis Styles Mangga Dua Square, Jakarta Utara di diolah tanaman Organik.(ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hotel Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, Jakarta Utara, berhasil merampungkan salah satu project sustainabilityprogramme Accor mengenai food waste dan membangun pertanian dengan konsep Urban Garden, pengolahan tanaman organik dengan memanfaatkan sisa makanan sayuran dan buah sebagai pupuk yang mampu memenuhi sebagian kebutuhan dapur hotel.

Hotel berlokasi di Jalan Gunung Sahari no 1, Jakarta Utara ini dalam 6 bulan akhirnya berhasil menerapkan salah satu project sustainability yaitu memanfaatkan Food Waste menjadi pupuk kompos, serta hotel menanam sejumlah sayuran dan tanaman buah.

"Saat ini kami mengolah makanan sisa sayuran dan buah untuk di jadikan pupuk kompos. Selama 6 bulan ini kami berhasil mengurangi limbah makanan hampir 60 persen di bandingkan tahun lalu. Serta pupuk tersebut kami manfaatkan untuk menanam tanaman organik, ada pokcoy, daun min, selada keriting. Serta selanjutnya kami sedang proses menanam benih selada merah, terong, tomat chery, dan basil," kata Director of Sales and Distribution, Ria Andrinie, sekaligus kepala proyek Urban Garden dalam keterangannya diterima Kamis (21/12/2023).

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square untuk bersama-sama memanen pakcoy dan selada kering, sekaligus membuat pupuk dari sisa makanan. Bertempat di atap hotel ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, Urban Garden tersebut dibangun dengan sejumlah instalasi pengairan dan metode lain, serta dipasang atap pelindung sinar ultraviolet.

"Ide utama adalah membuat pupuk kompos dari limbah makanan Dari ide tersebut berkembang menjadi Urban Garden dengan tanaman organik yang ada mampu membantu 20 persen dari kebutuhan dapur, Ke depannya kami memiliki tujuan untuk semakin masif dalam pengembangan pertanian ini, di mana kendala yang terjadi saat ini masih pada kuantitas tanaman yang belum dapat memenuhi 100 persen kebutuhan meskipun sejumlah tanaman bisa langsung dipetik dan digunakan." jelas Ria Andrinie.

Urban Garden ini bertujuan untuk rekreasi, edukasi,  dan produksi, serta momentum bagi para pegawai melakukan aktivitas green escape untuk belajar dan berekreasi, kemudian hasil produksi akan masuk ke dapur. Menanam dengan konsep Urban Garden ini memiliki kunci utama pada penjagaan nutrisi, produksi makanan sendiri, dan program berkelanjutan.

"Tips dan triknya ada pada perawatan, kami biasa rutin cek nutrisi pakai ph meter, kalau ph tinggi kami turunkan, dan air kami cek terus tiap hari." Jelas Ria,Andrinie. Program tersebut sebagai praktik pertanian berkelanjutan, yaitu akan diberikan edukasi kepada para karyawan serta akan menjadi rekreasi bagi para tamu. (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT