ADVERTISEMENT

2.704 Huntap Dibangun dalam 3 Tahun, Pemkab Bogor Targetkan 850 Hunian Lainnya di Tahun 2024

Kamis, 21 Desember 2023 18:27 WIB

Share
Bupati Bogor Resmikan Huntap Sukajaya (Panca Aji)
Bupati Bogor Resmikan Huntap Sukajaya (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR,  POSKOTA.CO.ID – Usai bangun 2.704 hunian tetap (huntap) untuk korban bencana banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya di periode 2021-2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor targetkan 850 hunian tetap lainnya pada tahun 2024.

Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebut, hingga saat ini pemerintah terus mengupayakan perbaikan wilayah Kecamatan Sukajaya dan sekitarnya pasca diluluhlantakkan bencana banjir bandang dan tanah longsor pada awal Januari 2020 lalu.

Tercatat, sejak tahun 2021 hingga 2023, Pemerintah Kabupaten Bogor telah membangun sedikitnya 2.704 huntap bagi masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

"Untuk saat ini semua, kurang lebih 2.500 dan nanti mungkin 850 mudah-mudahan di periode 2024," kata Iwan, Kamis (21/12/2023).

Huntap ini, kata Iwan, tersebar di 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, nanggung, Leuwiliang, pamijahan, Sukamakmur, dan Kecamatan Leuwisadeng.

Dari 7 kecamatan yang dijadikan lokasi huntap tersebut, ribuan hunian dengan status tanah Hak Guna Pakai (HGP) tersebut tersebar di 25 desa, di atas lahan seluas 52 hektare yang dihibahkan PTPN ke Pemkab Bogor.

Iwan menjelaskan, ribuan huntap ini dibangun dengan dua mata anggaran berbeda, ada yang Rp 50 juta untuk satu huntap, ada pula yang Rp 62 juta untuk satu huniannya.

"Mungkin nanti saya minta juga kepada masyarakat untuk memoles lagi (rumahnya) biar bagus, karena kita anggarannya cuma segitu, tidak ada kurang tidak ada lebih, tidak bisa lebih mewah, mungkin nanti bertahap dari masyarakat sendiri," ucap Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menyebut, Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan membangun fasilitas penunjang untuk wilayah hunian tetap tersebut.

"Nah ini kan infrastuktur yang belum kami laksanakan, mungkin nanti jalan dan drainase. Kalo instalasi air dan listrik sudah," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT