ADVERTISEMENT

Saatnya Menyempurnakan Desain Rumah dengan Gaya Khas Bali yang Eksotis

Jumat, 15 Desember 2023 16:53 WIB

Share
Ilustrasi rumah. (Freepik)
Ilustrasi rumah. (Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pesona Bali yang memukau memang seakan tak pernah ada habisnya. Selain keindahan alam yang memukau, Bali juga punya kekayaan budaya khas yang membedakannya dengan daerah lain di tanah air. Salah satu keunikan budaya Bali tercermin dari gaya arsitektur bangunannya yang sangat khas dan bernuansa eksotis.

Dahulu, mencari rumah dijual di Bali memang terbilang sulit karena jumlahnya terbatas serta butuh waktu dan biaya besar untuk melakukan penelusuran. Namun, kesulitan tersebut kini tidak terjadi lagi sebab ada Rumah123.com, situs jual beli rumah yang siap menjadi andalan Anda.

Rumah123.com dapat membantu Anda mencari rumah yang dijual atau disewakan di berbagai lokasi di tanah air secara praktis tanpa harus langsung melakukan survei ke lokasi. Bahkan, Anda juga bisa melakukan simulasi dan cek kelayakan KPR bila hendak mengajukannya dalam waktu dekat.

Keputusan bermukim di Bali memang sering terasa berat karena banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Tak perlu berkecil hati kalau niat tinggal di Bali harus diurungkan. Anda masih bisa menghadirkan nuansa Bali di rumah jika hendak melakukan renovasi dalam waktu dekat. Beberapa gaya khas Bali berikut ini tentu menjadi inspirasi yang siap menyempurnakan suasana hunian Anda:

Halaman Rumah yang Luas

Salah satu kekhasan yang membedakan rumah ala Bali dengan bentuk rumah lainya adalah halaman berukuran luas. Hal ini tentu patut dipertimbangkan bila Anda baru sampai di tahap memilih rumah yang hendak dibeli. Halaman besar akan memaksimalkan sirkulasi udara di lingkungan rumah sehingga suasana hunian pun terasa sejuk. Selain itu, ukuran halaman yang besar juga membuat Anda leluasa menekuni hobi berkebun atau memarkirkan kendaraan bermotor.

Tembok Tinggi yang Mengelilingi Rumah

Hunian ala Bali mempunyai ciri khas berupa tembok tinggi yang mengelilingi seluruh penjuru rumah. Keberadaan tembok tinggi tersebut memiliki banyak manfaat bagi rumah, antara lain meredam kebisingan dan meminimalkan debu yang masuk ke bagian interior. Tembok rumah yang tinggi sebaiknya diberi warna cerah untuk menampilkan kesan ruangan luas.

Konsep Open Space yang Hemat Ruang

Belum banyak orang menyadari kalau konsep open space juga berkaitan erat dengan desain rumah khas Bali. Open space memungkinkan Anda menata ruangan tanpa menghadirkan tembok permanen yang terkesan sempit. Jarak antar ruangan dapat diminimalkan untuk memberikan kesan simpel sekaligus luas. Selain itu, konsep interior ini juga membuat Anda tak perlu membeli terlalu banyak perabot sehingga pengeluaran pun jadi lebih hemat.

Elemen Batu Alam yang Melengkapi Bangunan

Bukan rumah khas bali namanya jika tidak dilengkapi batu alam. Keberadaan elemen ini penting untuk menampilkan kesan natural sekaligus asri. Biasanya batu alam diletakkan pada salah satu sisi dinding rumah sebagai pemanis. Jenis batu yang dapat Anda pilih, tetapi yang paling populer adalah andesit karena warna dan teksturnya eksklusif serta harganya terjangkau. Kini, elemen batu juga dapat dihadirkan untuk menyempurnakan taman kering di tengah rumah atau taman dengan air terjun buatan di teras.

Pintu Masuk yang Kecil

Desain pintu bangunan Bali yang khas karena ukurannya mungil dikenal dengan nama angkul-angkul. Bentuk pintu rumah Bali zaman dulu terkesan megah dan kerap dilengkapi ukiran khas Pulau Dewata tersebut. Namun, kini desainnya sengaja dibuat lebih simpel supaya tampak serasi dengan rumah bergaya modern. Walaupun ukurannya mungil, desain pintu bangunan khas Bali sangat efektif memberi batas tegas antara interior dan eksterior rumah.

Sistem Ventilasi Udara yang Memadai

Keunikan rumah khas Bali juga terletak pada penataan sistem ventilasi udara yang tertata rapi. Pada umumnya, rumah Bali didominasi jendela berukuran besar serta lubang angin yang jumlahnya banyak. Karakteristik ini membuat rumah Bali terasa sejuk di siang hari meskipun tidak dilengkapi kipas atau pendingin ruangan. Jendela yang jumlahnya banyak harus diimbangi dengan perawatan secara rutin untuk mengurangi kontaminasi debu di bagian dalam rumah.

Keberadaan Tanaman Tropis

Jangan lupa kalau suasana Bali juga identik dengan alam yang asri. Kalau ingin mewujudkan kehadiran nuansa Pulau Dewata di rumah, tentu saja Anda juga harus menyiapkan tanaman tropis. Beberapa contoh tanaman tropis yang mudah dirawat, antara lain teratai, kamboja, pisang kipas, melati, cemara kipas, dan palem hias. Tentukan tanaman tropis dengan ukuran dan karakteristik sesuai kapasitas rumah untuk menampilkan kesan rimbun yang tidak berlebihan.

Mebel Kayu dan Rotan yang Mudah Dirawat

Upaya menyempurnakan rumah bergaya Bali juga membutuhkan dukungan mebel kayu dan rotan. Anda tak perlu khawatir bila ingin menggunakan mebel dari bahan tersebut karena keduanya mudah dirawat. Anda hanya perlu mengoleskan cairan pembersih khusus secara rutin untuk memoles sekaligus membersihkan mebel kayu dan rotan. Daya tahan mebel kayu dan rotan berkualitas juga tergolong awet sehingga Anda tak perlu repot membeli mebel baru dalam waktu singkat. Jadi, jangan ragu menyiapkan bujet besar untuk mendapatkan mebel bermutu tinggi yang desainnya menawan dan tahan lama.

Bila Anda tertarik menghadirkan nuansa Bali di rumah, mulai sekarang sebaiknya Anda mencari referensi yang tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut. Tak perlu tinggal di Bali jika ingin mempunyai rumah nyaman yang kental dengan nuansa keindahan khas Pulau Dewata. (Ril)

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT