ADVERTISEMENT

FIA Bocorkan Rencana Spesifikasi untuk Mobil F1 2026

Jumat, 15 Desember 2023 20:35 WIB

Share
Ilustrasi mobil balap F1. (Foto: formula1.com).
Ilustrasi mobil balap F1. (Foto: formula1.com).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman Motorsport.com, FIA telah menjelaskan kepada Motorsport.com tentang rencana mereka untuk Formula 1 2026. Mobil yang lebih ringan dan lincah, roda 16 inci, downforce yang lebih rendah, dan masih banyak lagi.

Meskipun Formula 1 baru memasuki tahun kedua dari regulasi yang berlaku saat ini (yang dimulai pada 2022), rencana untuk era berikutnya, yang akan dijalankan pada 2026, sudah berjalan dengan cepat.

Perubahan berfokus pada regulasi baru unit daya, dengan pergantian ke bahan bakar yang sepenuhnya berkelanjutan dan hibrida turbo yang dimodifikasi, menghapus MGU-H, telah meyakinkan Audi untuk masuk ke F1 dan Honda untuk tidak pergi.

Tetapi tidak hanya akan ada fitur-fitur baru di mesin, tetapi juga di mobil, dalam upaya untuk menjamin kualitas balap F1 tertinggi.

Meskipun beberapa ide umum telah dibahas dalam beberapa kesempatan, FIA belum mengungkapkan banyak detail konkret tentang sasis.

Namun kini, direktur single-seater FIA, Nikolas Tombazis, berbicara panjang lebar kepada beberapa media, termasuk Motorsport.com, tentang ke mana arah F1 pada 2026.

Mobil F1 yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih gesit pada tahun 2026

Salah satu keluhan terbesar tentang mobil F1 saat ini adalah bahwa kendaraan tersebut terlalu berat. Hal ini tidak hanya membuat mereka kurang lincah, tetapi juga merusak ban, yang sangat penting untuk pertunjukan.

Ketika FIA bergerak untuk menyampaikan draf pertama peraturan pada akhir Juni mendatang, jelas bahwa banyak hal akan berubah dalam hal dimensi mobil untuk F1 2026.

Tombazis telah menjelaskan bahwa tata letak dasar mobil F1 2026 telah ditentukan dan akan berbeda dari yang sekarang.

Mobil F1 akan lebih pendek pada 2026, dengan jarak sumbu roda yang kemungkinan besar akan meningkat, dari 3.600 mm saat ini menjadi 3.400 mm. Mobil-mobil tersebut juga akan menjadi lebih sempit 10 cm, mengurangi jaraknya dari 2.000 mm menjadi 1.900 mm.

Semua ini bertujuan untuk membantu FIA memenuhi salah satu tujuan utamanya: mengurangi volume mobil.

"Tujuan kami adalah memiliki batas berat yang jauh lebih rendah, dan kami mencoba mengurangi batas berat dari 40 hingga 50 kilogram pada tahun 2026," kata Tombazis.

"Cara yang ingin kami lakukan terkait dengan apa yang kami sebut sebagai konsep 'mobil lincah', karena pada dasarnya kami percaya bahwa dalam beberapa tahun terakhir mobil menjadi sedikit terlalu besar dan berat."


Bahwa mobil F1 akan memiliki dimensi yang lebih kecil pada 2026 secara otomatis akan membantu mengurangi bobotnya, tetapi faktor lain juga akan sangat penting: pengurangan downforce.

Bobot yang lebih rendah akan mengurangi beban pada bagian-bagian mobil, dan itu berarti tim tidak perlu membuat bagian-bagiannya sekuat itu.

"Downforce yang lebih rendah berarti banyak beban pada komponen seperti suspensi akan berkurang, sehingga memungkinkan tim untuk mengurangi berat badan," jelas Tombazis.

F1 Tidak lagi menggunakan velg 18 inci.

Tombazis menambahkan, "Target sementara kami adalah roda 16 inci, dengan diameter yang lebih kecil dan lebar yang lebih kecil baik di depan maupun di belakang. Semua hal tersebut kami yakini akan mendorong ke arah bobot yang lebih ringan."

Tujuannya agar pertarungan antar roda yang lebih baik di F1 2026 dengan downforce yang lebih sedikit

Dari segi aerodinamika, FIA melihat mobil-mobil tahun 2026 sebagai evolusi dari konsep yang dimiliki saat ini.

Mobil-mobil tersebut akan tetap memiliki ground effect, dan harapannya adalah bahwa peraturan akan ditingkatkan untuk memastikan mobil dapat mengikuti satu sama lain dengan lebih baik.


Hal itu terjadi setelah FIA baru-baru ini mengakui bahwa ada beberapa celah dalam peraturan saat ini yang memungkinkan tim untuk memperkenalkan desain yang mengganggu aliran udara ke mobil di belakangnya, seperti keluarnya sayap depan.

Seperti yang dikatakan Tombazis, "Musim 2023 membuat karakteristik pertarungan antar-roda menjadi sedikit lebih buruk. Mobil-mobil menjadi sedikit lebih buruk dalam hal kemampuan mereka untuk mengikuti satu sama lain dengan cermat, dan kami pikir kami mengerti mengapa, bagaimana, dan apa yang harus kami lakukan.

"Kami percaya bahwa pada putaran peraturan berikutnya (pada tahun 2026) kami akan mencapai solusi yang jauh lebih kuat yang memungkinkan pembalap untuk saling mendahului satu sama lain."

Rencananya, F1 2026 akan memiliki lebih sedikit downforce dan drag, dan simulasi saat ini tidak menunjukkan waktu putaran yang jauh lebih buruk daripada sekarang, meskipun pada akhirnya Tombazis mengatakan bahwa kecepatan dan kerasnya bukan masalah terbesar Anda.

"Itu bukanlah faktor yang besar," ungkapnya. "Ini akan menjadi sangat dekat sekarang. Saya pikir kami akan kurang dari dua detik atau semacamnya. Namun, bahkan jika kami lebih lambat lima detik, kami tidak akan terlalu khawatir."

Mengenai seperti apa mobil F1 pada 2026, Tombazis mengatakan bahwa mobil-mobil tersebut akan mirip dengan yang ada sekarang.

"Seseorang yang mengetahui subjek ini akan dapat melihat perbedaannya, tetapi mereka akan terlihat seperti mobil F1 yang kita kenal. Tentang itu, tidak akan ada keraguan."

Aerodinamika bergerak dan DRS di F1 2026

Salah satu perubahan yang berkaitan dengan mobil-mobil saat ini adalah penggabungan aerodinamika bergerak atau aerodinamika aktif untuk mengurangi hambatan di lintasan lurus.

Ada beberapa ketidakpastian tentang bagaimana hal itu akan bekerja dan apakah akan menggagalkan potensi DRS di lintasan lurus.

Bahkan ada pembicaraan tentang kemungkinan menggunakannya untuk memperkenalkan semacam DRS terbalik, di mana mobil di depan harus menggunakan sudut sayap yang lebih agresif.

Sekarang, Tombazis telah mengklarifikasi lebih lanjut tentang ide-ide F1 2026.

"Pasti akan ada perubahan pada sudut sayap di lintasan lurus untuk mencapai hambatan aerodinamis yang rendah," ujarnya. "Tapi tidak akan ada perlambatan mobil di depan dengan cara apa pun. Itu tidak akan berhasil."

Dalam hal DRS, banyak hal yang belum 100% dipastikan, dengan FIA menimbang sejumlah ide yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

"Akan ada sesuatu yang setara dengan DRS saat ini, yang pada dasarnya akan memungkinkan mobil yang berada di belakangnya yang berada dalam batas tertentu berpotensi menempatkan dirinya dalam posisi untuk menyerang," tuturnya.


"Kami masih belum tahu bagaimana bentuk mekanisme itu: apakah itu akan berupa perubahan tambahan komponen aerodinamis di lintasan lurus, atau perubahan tambahan komponen aerodinamika di tikungan, atau apakah itu akan menjadi bagian dari energi mesin ... yang mana dari ketiganya? Kami masih melakukan simulasi terbaik kami untuk mendapatkan solusi terbaik.

"Yang tidak kami inginkan adalah mobil-mobil saling mendahului di lintasan lurus. Kami ingin mobil-mobil saling mendekat saat pengereman dan terjadi pertarungan, dan para pembalap harus menggunakan kemampuan mereka."

Tombazis mengklaim bahwa konsep DRS yang terlalu efektif, dan karena itu dapat disesuaikan, jauh lebih baik daripada pergi ke arah yang berlawanan dan berakhir dengan mobil yang tidak dapat menyalip.

"Kami tidak pernah ingin membuatnya terlalu mudah, tetapi kami juga tidak berpikir kami bisa mengatakan, 'Oh, baiklah, kami tidak membutuhkan DRS lagi,'" katanya.

"Kami tidak bisa mengambil risiko masuk ke dalam situasi di mana menyalip tidak mungkin dilakukan lagi, atau sesuatu seperti itu. Jadi kami ingin menyiapkannya dan menggunakannya secara moderat, tapi tidak berlebihan."

"Menyalip juga harus menjadi sebuah perjuangan. Kami tidak ingin mobil-mobil saling menyalip satu sama lain."

Ketakutan tak berdasar akan "skenario bencana" F1 pada 2026

Pada awal tahun, pembicaraan tentang regulasi 2026 didominasi oleh kekhawatiran dari Red Bull, khususnya kemungkinan adanya masalah besar di masa depan.

Karena unit daya ICE (mesin pembakaran internal) akan turun dari 550-560 kw menjadi 400 kw, dan elemen baterai akan berubah dari 150 kw menjadi 350 kw, tampaknya jelas untuk berpikir bahwa menempatkan mesin masa depan di mobil saat ini akan menyebabkan daya baterai akan habis cukup cepat di jalan lurus.

Dan bahkan dengan mobil yang lebih ringan, jika hambatan aerodinamisnya terlalu tinggi, sirkuit seperti Monza dapat menjadi tantangan dan memaksa pengemudi melakukan hal-hal aneh - seperti menurunkan gigi di lintasan lurus - untuk mencoba mengisi ulang daya baterai.

Tombazis percaya bahwa kekhawatiran ini tidak berdasar dan hanya didasarkan pada model simulasi pertama, yang jauh berbeda dengan situasi saat ini.

"Itu mungkin komentar yang terlalu dini, karena kami belum menyelesaikan pekerjaan kami," katanya. "Kami tidak pernah percaya bahwa ini adalah skenario bencana, karena kami tahu bahwa ada solusi.

"Kami percaya bahwa kombinasi hambatan aerodinamis yang rendah dari mobil-mobil ini, dengan cara di mana energi dapat dipulihkan atau dikerahkan, akan menghasilkan angka kecepatan untuk mobil-mobil masa depan yang sangat mirip dengan mobil-mobil saat ini.

"Jadi mobil-mobil itu tidak akan mencapai kecepatan tertinggi di tengah lintasan lurus dan kemudian hancur berantakan atau semacamnya. Itu tidak akan terjadi."

Tombazis menegaskan bahwa FIA sudah jelas bahwa F1 ingin mobil-mobil memasuki tikungan dengan keras sehingga para pembalap menginjak rem, dan tidak mengangkat kaki mereka dan bersantai-santai di pintu masuk.

Hal itu akan lebih sulit dilakukan di beberapa sirkuit dengan lintasan lurus yang panjang, seperti Monza dan Spa-Francorchamps, namun kelonggaran khusus bisa diberikan di lokasi-lokasi tersebut.

"Ada beberapa penyesuaian pada bagian tenaga mesin yang akan membuat karakteristiknya tepat," ia menerangkan.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT