ADVERTISEMENT

CFMoto Akan Bangun Yamaha Khusus untuk Pasar China

Kamis, 14 Desember 2023 10:00 WIB

Share
CFMoto Akan Bangun Yamaha Khusus untuk Pasar China (Foto: Ist)
CFMoto Akan Bangun Yamaha Khusus untuk Pasar China (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Yamaha Eropa ingin mengklarifikasi kemitraan baru-baru ini antara Yamaha dan CFMoto, dengan menekankan bahwa semua sepeda motor hasil kemitraan ini khusus untuk pasar domestik Tiongkok.

Pada bulan September 2023 lalu, Yamaha mengumumkan usaha patungan manufaktur strategis dengan CFMoto Tiongkok. Pengumuman tersebut memicu spekulasi bahwa beberapa model Yamaha untuk pasar Eropa akan diproduksi oleh CFMoto, karena CFMoto sudah menjalin kemitraan dengan merek Austria KTM. Secara khusus, CFMoto bertanggung jawab atas produksi kembar paralel KTM 790 Adventure dan Duke di Tiongkok.

Untuk menjernihkan kesalahpahaman, Yamaha Jepang mengklarifikasi dalam pernyataannya bahwa kerja sama ini hanya berfokus pada kerja sama industri manufaktur kendaraan di Tiongkok, yang khusus melayani pasar Tiongkok.

Untuk  klarifikasi lebih lanjut, Motorcycle News (MCN) berbicara dengan presiden Yamaha Eropa Eric de Seynes. Seynes mengatakan bahwa usaha patungan dengan CFMoto bertujuan untuk mendukung pasar China yang besar melalui produksi model spesifik Yamaha.

Seynes membandingkan kolaborasi antara CFMoto dan KTM dan menyoroti perbedaan sifat kemitraan Yamaha. Ia menegaskan, kesepakatan dengan CFMoto tidak sesuai dengan tingkat integrasi kolaborasi CFMoto dan KTM.

Tuan Seynes menganggap transaksi ini bersifat oportunistik, didorong oleh keinginan untuk secara efektif melayani pasar Tiongkok yang sedang berkembang.

Selain itu, ia menyoroti perbedaan ukuran, struktur organisasi dan praktik komunikasi antara CFMoto dan Yamaha, dan menekankan bahwa kemitraan ini tidak dimaksudkan untuk menantang posisi pasar KTM.

Intinya, kerja sama antara Yamaha dan CFMoto digambarkan sebagai langkah strategis yang bertujuan memenuhi kebutuhan unik pasar Tiongkok, dan terdapat perbedaan  jelas antara aliansi ini dan kerja sama CFMoto dengan KTM.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT