ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok di Usia Muda, Hindari Jangan Diabaikan

Rabu, 13 Desember 2023 19:10 WIB

Share
Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok di Usia Muda. (Ist)
Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok di Usia Muda. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada banyak hal yang menyebabkan kerontokan rambut. Masalah kerontokan tersebut juga tak hanya terjadi pada orang dewasa maupun lansia, terkadang remaja juga sering mengalami hal ini.

Tanda kerontokan rambut sendiri berbeda-beda. Sebagian remaja bisa mengalami rambut rontok secara tidak merata atau penipisan rambut dan sebagian lainnya mengalami perubahan garis rambut.

Penyebab rambut rontok pada remaja biasanya bukan karena sesuatu yang berbahaya, melainkan akibat pengaruh hormon selama masa pubertas. 

Namun, jika remaja mengalami kerontokan rambut yang disertai gejala lain, itu bisa jadi salah satu tanda dari kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa penyebab rambut rontok di usia mudah yang perlu diketahui dan jangan sampai diabaikan.

1. Keramas terlalu sering
Keramas terlalu sering akan memicu rambut rontok di usia muda. Kendati keramas adalah salah satu cara menjaga kebersihan kulit kepala namun nyatanya apabila terlalu sering justru rambut akan mengalami kerontokan.

Apabila Anda keramas setiap hari maka akan membuat minyak di kulit kepala menghilang. Sehingga, rambut dan kulit kepala menjadi kering dan mudah rusak.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan keramas setiap 2-3 hari sekali dan juga memilih shampo yang tepat untuk kulit kepala.

2. Penggunaan warna rambut
Penggunaan pewarna rambut juga bisa menjadi penyebab rambut rontok parah di usia muda. Apabila tidak diselengi dengan perawatan rutin maka akan menyebabkan kerontokan yang tidak terhindarkan.

Sebab, warna rambut yang terbuat dari produk berbahan kimia akan membuat kulit kepala panas. Terutama saat berganti-ganti gaya rambut yang menyebabkan akar rambut tertarik.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT