ADVERTISEMENT

Hyundai Ioniq 5 N Dipastikan Rilis pada Februari 2024 Mendatang di Korea Selatan

Rabu, 13 Desember 2023 19:04 WIB

Share
Hyundai Ioniq 5 N Dipastikan Rilis pada Februari 2024 Mendatang di Korea Selatan (Foto: Drive)
Hyundai Ioniq 5 N Dipastikan Rilis pada Februari 2024 Mendatang di Korea Selatan (Foto: Drive)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hyundai Ioniq 5 N 2024, mobil jalanan paling bertenaga dari Hyundai dan kendaraan listrik berperforma tinggi pertama dari Hyundai, akan bersaing dalam kejuaraan balap merek tunggal di Korea Selatan pada tahun depan.
 
Menurut informasi yang dipublikasikan di media sosial, versi dari mobil balap Hyundai Ioniq 5 N akan diberi nama Ioniq 5 N eN1 Cup dan akan diluncurkan pada Februari 2024 sebelum balapan pertama dimulai pada Mei 2024 mendatang.

Informasi dan gambar yang diperlihatkan selama acara pelanggan Hyundai di Korea Selatan telah mengungkapkan bahwa eN1 Cup di desain lebih lebar dibandingkan model showroom lainnya, dengan bumper yang lebih agresif, spoiler belakang lebih tinggi, dan motor pengunci tengah, serta memiliki velg sport. 

Hyundai eN1 Cup dikatakan lebih ringan 200 sampai 250kg dibandingkan Ioniq 5 N versi jalan raya, meski dengan pengurangan bobot ini, bobot pembalap masih sekitar 2 ton karena baterainya lebih besar dan berat.
 
Pengurangan bobot dilaporkan dicapai melalui penggunaan jendela samping dan belakang polikarbonat, pengurangan ruang interior dan pelepasan kursi belakang, serta pemasangan roll cage enam titik yang disetujui FIA.
 
Satu set pelek berukuran 18 inci dipadukan dengan ban balap rapi selebar 280mm di setiap sudutnya. Kaliper rem 6 piston  dipasang pada gandar depan, dan kaliper rem 4 piston digunakan pada gandar belakang.

Suspensi balap yang dapat disesuaikan dirancang untuk menurunkan ketinggian pengendaraan mobil balap sebesar 50 mm hingga 70 mm. Nantinya juga akan ada sistem dongkrak udara yang memungkinkan kru pit menggunakan kompresor udara untuk dengan mudah mengangkat mobil selama pit stop untuk mengganti ban.
  
Hyundai eN1 Cup kabarnya akan ditawarkan dengan beragam suara berkendara yang dipesan lebih dahulu dari Hyundai dengan merek N Active Sound+, yang kabarnya dapat disesuaikan oleh tim balap.
 
Masih belum jelas apakah Hyundai Ioniq 5 N eN1 Cup akan menerima tenaga lebih besar dibandingkan motor listrik kembar 478 kW dan 740 Nm yang digunakan pada kendaraan jalan raya, yang menyalurkan tenaga ke keempat roda.

Artinya, Hyundai Ioniq 5 N berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam di jalan raya dalam waktu 3,4 detik dan kemudian mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Menurut laporan yang berbedar di media sosial Korea, Hyundai berencana menyelesaikan pengembangan Ioniq 5N eN1 pada Februari 2024 dan diharapkan akan diluncurkan sepenuhnya sebelum menjadi basis seri balapan tunggal di Korea Selatan pada Mei 2024.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT