ADVERTISEMENT

Davide Brivio Siap Hengkang dari Alpine F1 di Akhir Tahun 2023

Rabu, 13 Desember 2023 13:18 WIB

Share
Davide Brivio
Davide Brivio

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com, Davide Brivio telah mencapai kesepakatan untuk memutus kontraknya dengan Alpine F1 akhir tahun ini.

Sebelum bergabung dengan Renault di F1, pria Italia itu terkenal di Yamaha dan Suzuki, yang ia pimpin saat kembali ke MotoGP pada 2015. Di tim Hamamatsu, ia membantu memenangi gelar musim 2020, bergandengan tangan dengan Joan Mir.

Selama berada di Yamaha, Brivio menjadi salah satu bagian penting dalam menyelesaikan perekrutan Valentino Rossi (2004). Ia bertemu dengan Luca de Meo , yang saat itu menjadi kepala pemasaran di Fiat, yang logonya menghiasi motor The Doctor dan Jorge Lorenzo.

Bertahun-tahun kemudian dan setelah melewati SEAT, De Meo naik ke kursi presiden Renault Group (2020). Saat itulah, dia mempekerjakan Brivio sebagai direktur olahraga struktur.

Namun, ketidaksepakatan dengan para pemimpin tim, seperti Louis Rossi, menyebabkan Brivio mengundurkan diri pada 2022 dan bertanggung jawab atas portofolio pembalap muda Alpine, dan proyek-proyek olahraga di luar F1.

Selasa (12/12/2023) siang, tim asal Prancis tersebut melaporkan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk berpisah pada akhir tahun ini, sebelum batas waktu yang ditentukan.

"Ini merupakan babak yang membanggakan dalam karir motorsport saya untuk berpartisipasi di Formula 1 bersama Alpine," kata Brivio dalam pernyataan tim. "Saya ingin berterima kasih kepada Alpine atas kesempatan untuk merasakan Formula 1, yang merupakan keinginan saya, dan juga atas kesempatan untuk membagikan pengalaman motorsport saya kepada para pembalap muda mereka di akademi.

“Saya berharap yang terbaik untuk mereka di masa depan dan saya yakin kita akan melihat banyak pembalap muda yang mencapai hal-hal fantastis dalam karir mereka.

"Memainkan peran kecil dalam bagian dari kesuksesan tersebut tentu akan menjadi sesuatu yang sangat saya hargai. Saya berterima kasih kepada Alpine yang telah mempertimbangkan keinginan saya untuk mengejar peluang lain yang mungkin muncul (dan saya harap mereka akan melakukannya) di masa depan.”

Bruno Famin, VP Motorsports Alpine Racing, berterima kasih atas kerja keras Brivio dalam pernyataan tim asal Prancis tersebut.

"Pertama-tama, kami ingin berterima kasih kepada Davide atas kerja keras dan komitmennya selama tiga musim terakhir," ujarnya, sebelum mengakui bahwa pembalap Italia itu yang meminta untuk mempercepat kepergiannya untuk mencari tantangan baru. "Keinginan Davide adalah meninggalkan Alpine untuk mengejar peluang lain dan kami telah menerima keinginannya dengan kesepakatan bersama.”

Meskipun berbagai laporan mengindikasikan bahwa Brivio akan segera kembali ke paddock MotoGP untuk menduduki posisi manajer tim di Honda, menggantikan Alberto Puig, Motorsport.com memahami bahwa ia tidak memiliki kesepakatan tertutup dengan HRC untuk 2024. Niatnya adalah untuk kembali ke dunia roda dua, di mana lebih sesuai dengan keinginannya daripada di F1.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT