ADVERTISEMENT

Keren! Daftar Mobil-mobil Juara Dunia Kompetisi FIA 2023

Selasa, 12 Desember 2023 11:11 WIB

Share
Toyota GR010 HYBRID
Toyota GR010 HYBRID

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - FIA menggelar malam penghargaan akhir tahun di mana trofi juara dunia diberikan kepada setiap pembalap, dan mobil-mobil yang memenangi setiap gelar di berbagai kategori juga hadir. Untuk itu, di Motorsport.com, kami melakukan tinjauan singkat mengenai apa saja yang hadir dan pencapaian yang diraih oleh mobil-mobil tersebut selama musimnya.

Red Bull RB19, juara F1 2023

Berbicara tentang mobil yang mendominasi, itu adalah Red Bull RB19, yang bersama dengan Max Verstappen dan Sergio Perez meraih hampir semua kemenangan di Formula 1 2023, kecuali satu yang diraih Carlos Sainz di Grand Prix Singapura. Mobil Austria memungkinkan pembalap Belanda itu menambahkan mahkota dunia ketiganya untuk pembalap dan keenam untuk konstruktor ke tim Milton Keynes.

Dengan hampir tidak ada kelemahan yang terlihat, kecuali sesekali masalah dalam menyesuaikan konfigurasi di sirkuit tertentu, mobil yang dibuat oleh para ahli dalam tim minuman energi ini telah meraih 21 kemenangan dari kemungkinan 22 kemenangan, selain hadir di 30 podium dan menambahkan 860 poin.


Toyota GR010 HYBRID, juara WEC 2023

Menjadi raja ketahanan adalah sesuatu yang sangat rumit, dan meskipun 24 Hours of Le Mans lolos, Jepang merancang mesin yang mampu mengalahkan semua rivalnya di musim WEC 2023. Toyota GR010 HYBRID meraih semua kemenangan tahun ini kecuali satu yang mengejutkan, Ferrari di trek La Sarthe, baik dengan mobil #7 atau #8.

Trio yang dibentuk oleh Sebastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa memungkinkan pabrikan Jepang untuk merayakan dua gelar juara dunia lagi, dari pembalap dan konstruktor, dengan selisih yang lebar dari grup kedua dan tim lainnya. Meskipun pereli Swiss, Selandia Baru dan Jepang hanya menguasai dua event, dibandingkan dengan empat rekan setimnya, konsistensi mereka di podium menjadi penentu dalam menciptakan keseimbangan yang menguntungkan salah satu pihak.

Toyota GR Yaris Rally1, juara WRC 2023

Pabrikan Jepang tahu apa yang mereka lakukan, dan selain meraih kejayaan di WEC, mereka juga melakukannya di WRC dengan Toyota GR Yaris Rally1. Dipimpin oleh Kalle Rovanpera, mereka memetik titel kedua di bawah peraturan hybrid baru, dengan tiga kemenangan dan 250 poin, meskipun mereka juga bisa berada di urutan kedua dalam klasemen berkat Elfyn Evans.

Pembalap asal Wales itu membuat pabrikan Jepang merayakannya tiga kali lagi, ditambah dengan kemenangan Sebastien Ogier, ternyata menjadi sembilan dari 13 yang membentuk WRC 2023. Selain itu, harus menambahkan apa yang dapat dicapai Takamoto Katsuta, sehingga total 20 podium untuk mobil luar biasa ini.

I-Type 6 dari Envision Racing , kampiun Formula E 2022-2023

Karena Formula E adalah salah satu kompetisi terdekat di motorsport, lebih sulit untuk memiliki dominator absolut, tetapi akhirnya, Sebastien Buemi dan Nick Cassidy membawa Envision Racing I-Type 6 ke puncak dengan 304 poin. Dalam perjalanannya menuju gelar juara, tim ini merebut empat kemenangan, semuanya diperoleh sang runner-up, pembalap asal Selandia Baru.

Selain itu, sang juara mampu merayakannya dari podium sebanyak delapan kali, tetapi mereka tidak dapat menutup tugas ke puncak karena Jake Dennis, yang memimpin klasifikasi pembalap setelah menambahkan 30 unit lebih banyak dari pengejarnya. Namun, ini adalah pencapaian yang sangat penting karena ini adalah mahkota pertamanya dalam olahraga ini.

Toyota Hilux T1+, pemenang W2RC 2023

Dengan Nasser Al Attiyah yang meledak dan beberapa pesaing yang nyaris tidak mampu memberikan perlawanan, Toyota Hilux T1+ menjadi juara dunia W2RC untuk dua tahun berturut-turut. Pembalap Qatar ini menaklukkan Reli Dakar, serta Reli Sonora dan Desafío Ruta 40, dengan naik podium di Reli Maroko untuk mengakhiri tahun ini dengan total 205 poin.

Hal itu memberikan status juara pada kendaraan yang dikesampingkan oleh pemenang trofi Touareg lima kali ini untuk petualangan baru bersama Prodrive. Namun, baik orang Jepang maupun sang pilot sendiri sekali lagi menikmati kesuksesan terbaru mereka bersama setelah periode yang gemilang.

Volkswagen Polo RX1e, juara WRX 2023

Di tahun yang sangat aneh bagi WRX, dengan pembatalan tiga acara di tengah-tengah dan hanya lima skenario untuk tujuh seri, Volkswagen Polo RX1e mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia berkat keterampilan Johan Kristoffersson, yang mendominasi sesuka hatinya dengan lima kemenangan untuk menambah 141 poin.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT