ADVERTISEMENT

Menhub Dorong Kolaborasi Pelaku Usaha Tingkatkan Daya Saing Logistik

Senin, 11 Desember 2023 22:37 WIB

Share
Menhub saat membuka Musyawarah Nasional Ke-VII Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia. (ist)
Menhub saat membuka Musyawarah Nasional Ke-VII Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong kolaborasi yang lebih baik dari para pelaku usaha di bidang transportasi dan logistik, untuk meningkatkan daya saing logistik nasional. 

Hal ini disampaikan Menhub saat membuka Musyawarah Nasional Ke-VII Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics & Forwarders Association (ALFI/ILFA) dengan tema “Mengoptimalkan Peran ALFI/ILFA Guna Meningkatkan Kinerja Logistik Dan Investasi Menuju Indonesia Emas 2045” di Jakarta, Senin (11/12/2023). 

"Esensi dari adanya asosiasi seperti ALFI/ILFA ini adalah kolaborasi, dan saat ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik. Saya berharap asosiasi ini dapat mengambil peran optimal untuk terus meningkatkan kinerja dan produktivitas logistik nasional, " ujar Menhub.

Menhub juga berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi SDM di bidangnya, agar mampu menghadapi perubahan dan era digitalisasi sektor kepelabuhanan. "Dengan begitu, akan membuat Indonesia lebih tangguh dalam menghadapi tantangan global, " ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, biaya logistik mulai menurun sejak pembangunan infrastruktur yang masif dan terjadinya ekosistem yang baik di setiap wilayah. 

"Hal ini ditunjukkan dengan kondisi ekonomi dalam negeri tahun ini yang cukup baik, dengan angka pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III-2023 di angka 5,05% dan inflasi terkendali di bawah level 3%," ungkap Bahlil. 

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menyampaikan, jumlah perusahaan yang tergabung dalam ALFI/ILFA saat ini ada sekitar 4.133 perusahaan, yang tersebar seluruh provinsi mulai dari Aceh hingga Papua.

Ia menyebut, dalam KTT APEC di San Francisco pada tanggal 14-15 November 2023 lalu, Indonesia telah menantangani kerjasama rantai pasok global. 

"Ini adalah kesempatan yang baik bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan rantai pasok global. Namun untuk meraihnya tidak mudah, apalagi sistemny kini sudah berbasis digital," tutur Yukki. 

Untuk itu, ALFI/ILFA siap membangun kolaborasi antara Pemerintah, BUMN dan Swasta untuk mewujudkan Indonesia Logistics and Supply Chain Incorporated.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT