ADVERTISEMENT

Kemenhub Terapkan Pengaturan Operasional Angkutan Penyebrangan Selama Nataru

Sabtu, 9 Desember 2023 05:40 WIB

Share
Ilustrasi Mudik (foto/ist)
Ilustrasi Mudik (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan pengaturan operasional angkutan penyeberangan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Di mana kendaraan pribadi dan bus selama periode tersebut akan diprioritaskan.

Pengaturan tersebut tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 resmi diterbitkan pada hari Rabu, 5 Desember 2023.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, pengaturan operasional angkutan penyeberangan meliputi Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Lembar.

Untuk tujuan Bali, sambung Hendro, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 kendaraan yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Ketapang diprioritaskan untuk kendaraaan roda dua, empat, dan bus. Sementara angkutan barang tidak menjadi prioritas.

Sementara, lanjut Hendro, untuk tujuan Jawa mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 kendaraan yang akan melalui Pelabuhan Gilimanuk, diprioritaskan untuk kendaraaan roda dua, empat, dan bus. Sedangkan angkutan barang tidak menjadi prioritas.

“Lintas Penyeberangan Ketapang-Lembar, 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 yang akan menyeberang dialihkan menjadi rute Jangkar-Lembar atau sebaliknya,” tutur Hendro dalam keterangan resminya, Jumat, (8/12/2023).

Lebih lanjut, Hendro mengatakan untuk pemanfaatan Dermaga Bulusan opsional tergantung kondisi di lapangan.

“Pada lintas Ketapang-Gilimanuk juga akan ada pengaturan perjalanan (delaying system) dan buffer zone,” ucapnya.

Hendro mengatakan untuk tujuan Pelabuhan Ketapang dari Situbondo dilakukan di Rest Area Gran Watudodol Jalan Raya Pantura Banyuwangi-Situbondo dan dari arah Jember dilakukan di kantong parkir Dermaga Bulusan.

“Sedangkan tujuan Gilimanuk dilakukan di terminal kargo Gilimanuk Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk,” jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT