Jadi Sasaran Tempel Stiker Caleg, TransJakarta Diminta Segera Koordinasi dengan Bawaslu

Jumat, 8 Desember 2023 06:27 WIB

Share
Transjakarta jadi sasaran tempel stiker caleg. Foto: Poskota.
Transjakarta jadi sasaran tempel stiker caleg. Foto: Poskota.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Beredar di media sosial (medsos) aksi vandalisme dengan menempelkan stiker calon legislatif (caleg) dari salah satu partai politik (Parpol) di kursi penumpang bus Transjakarta beberapa waktu lalu.

Adapun aksi vandalisme tersebut dilakukan oleh oknum penumpang yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta pihak Transjakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk segera melakuka koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.

"Ya nanti minta transjakarta koordinasi dan Dishub berkoordinasi dengan Bawaslu DKI," ujar Pj Heru kepada wartawan, Kamis (7/12).

Berdasarkan infromasi yang dihimpun, penempelan stiker caleg salah satu parpol itu terjadi di bus TransJakarta rute 6A. Selain itu, di dalam bus itu didapati setidaknya ada 2 kursi penumpang lain yang ditempeli stiker caleg.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri, sangat menyayangkan adanya aksi vandalisme tersebut. Pasalnya, penempelan atribut kampanye pada fasilitas umum (fasum) sangatlah dilarang.

"Tanggapan dari kita, untuk pemasangan stiker atau atribut di fasum, tempat-tempat publik dilarang sesuai UU yang berlaku dari Bawaslu," kata Apriastini.

Transjakarta juga mengimbau kepada pelanggan untuk mematuhi aturan yang berlaku. Dia mengatakan, bahwa Transjakarta juga sudah punya protokol terkait Pemilu 2024.

"Dari TransJakarta sudah mengeluarkan kebijakan atau regulasi yang mengatur tentang protokol larangan bagi pelanggan TransJ di lingkungan halte, armada, JPO, dan lain-lain selama Pemilu 2024," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, bus Transjakarta menjadi sasaran aksi vandalisme oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. Di beberapa kursi penumpangnya, terdapat stiker caleg dari sebuah partai tertempel. 

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar