ADVERTISEMENT

"Google Pamerkan AI Gemini, Lebih Canggih Daripada ChatGPT

Jumat, 8 Desember 2023 09:00 WIB

Share
AI Gemini Google
AI Gemini Google

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Google baru saja mengumumkan hasil terbarunya dengan membuat kecerdasan buatan (AI) yang dinamakan Gemini. AI ini ditenagai chatbot Bard sehingga performanya bisa lebih baik dibandingkan ChatGPT.

Model AI Gemini muncul dalam tiga versi yaitu Nano, Pro, dan Ultra. Gemini Nano dibuat untuk versi yang lebih efisien memungkinkan penggunanya bisa memakai di smartphone. Lalu Gemini Pro dibuat untuk berbagai jenis perangkat yang ditenagai chatbot Bard.

Sedangkan Gemini Ultra merupakan model AI yang memilki kemampuan paling canggih, model ini dibuat untuk mengerjakan tugas yang lebih rumit. Semua versi gemini merupakan sistem multimodal yan mampu membaca teks, audio, gambar, video, dan kode.

Apabila dilihat dari performanya, Google mengklaim Gemini Ultra mampu mengalahkan AI paling canggih seperti GPT-4 yang mengotaki ChatGPT, di 30 dari 32 tes benchmark. Gemini Pro juga disebut mengalahkan GPT-3.5, model AI yang mentenagai ChatGPT versi gratis, di enam dari delapan tes benchmark.

Gemini Ultra juga akan mengotaki layanan penulis kode bernama AlphaCode2. Google mengklaim layanan coding ini bisa mengalahkan kemampuan 85% programmer manusia, seperti dikutip dari The Guardian.

CEO Google DeepMind Demis Hassabis menjelaskan, Gemini Ultra masih tetap menjalani tes eksternal semua pakar akan menguji keamanan produk tersebut. Google akan membagikan hasil tes tersebut dengan pemerintah Amerika Serikat, seusai dengan perintah eksekutif yang diteken Presiden AS Joe Biden.

Gemini Nano dan Pro mulai diluncurkan di lebih dari 170 negara. Gemini Nano akan mentenagai fitur AI di Pixel 8 Pro dan kemungkinan akan hadir di ponsel Android lainnya. Sedangkan Gemini Pro dirilis sebagai update untuk chatbot Bard.

Gemini Ultra saat ini masih menjalani tes eksternal dan baru akan dirilis secara publik pada awal tahun 2024. Model ini akan diintegrasikan ke dalam versi baru Bard bernama Bard Advanced.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT