ADVERTISEMENT

Gempa Berkekuatan M5,0 Guncang Halmahera, Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 7 Desember 2023 10:55 WIB

Share
Peta gempabumi di Maluku Utara. (ist)
Peta gempabumi di Maluku Utara. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID –   Gempabumi berkekuatan magnitudo M5,0 di wilayah Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis  (7/12/2023) pukul 09.09.22 WIB. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat GempaBbumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan di Jakarta, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8. 

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,07° LS ; 126,82° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 Km arah Barat Daya Labuha, Maluku Utara pada kedalaman 40 km," terang Daryono.

Ia mengutarakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal)," pungkasnya.

Daryono mengatakan berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Mandioli Selatan, Obi Barat, dan Mandioli Utara, Halmahera Selatan dengan skala intensitas III MMI.

 "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Daryono menjelaskan hingga pukul 09.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). (johara)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT