ADVERTISEMENT

Busa Tebal Muncul. di Sungai Kali Baru, Wali Kota Depok: Masih Diselidiki Dinas Lingkungan Hidup

Rabu, 6 Desember 2023 15:50 WIB

Share
Ilustrasi limbah Busa di sungai . (Ist)
Ilustrasi limbah Busa di sungai . (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK,  POSKOTA.CO.ID –  Setelah sempat menjadi viral penampakan busa timbul hingga bermeter-meter tingginya di aliran Kali Baru, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (28/11/2023). Wali Kota Depok M.Idris mengatakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih mengusut asal muasal busa dapat muncul.

"Jadi sampat saat ini masih diselidiki. Busa yang timbul apa dan namanya itu kan harusl dilihat, benar nggak berasal dari limbah pabrik," ucap Idris kepada wartawan, Rabu (6/12/2023).

Idris mengungkapkan selain itu usut punya usut kemungkinan limbah berasal dari aktivitas rumah tangga. Ada kemungkinan lanjut Idris penggunaan sabun dalam jumlah banyak dan waktu lama juga juga berpotensi memicu busa di kali.

"Ga juga bisa sembarangan, jenisnya mana ini, limbahnya limbah yang mana nih, apakah memang dari rumah tangga, sabun misalnya, sebab menggunakan sabun banyak, lama-lama akan jadi gini juga (busa)," ungkapnya.

Idris menambahkan masih menunggu laporan dari Dinas Lingkungan Hiddup dan Kebersihan (DLHK) Depok, terkait pemeriksaan sampel air Kali Baru di RT 01 RW 01 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

"Masih dalam penyelidikan, sekarang lagi di tangan DLHK," tutupnya.

Sebelumnya, Kali Baru Cimanggis, Depok, viral di media sosial karena berbusa. Busa tebal menumpuk menutupi aliran kali hingga membuat pemandangan di kali.

Untuk asal usul limbah busa ini masih diselidiki oleh DLHK Kota Depok. "Kami menduga busa yang timbul berasal dari detergen limbah domestik yaitu seperti yang dijumpai di kamar mandi atau tempat cuci piring. Tapi masih kita selidiki," kata Kepala Dinas LHK Depok, Abdul Rahman. (Angga)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT