ADVERTISEMENT

Truk Pick-Up Toyota Hilux Hadirkan Sistem Hybrid Ringan Jelang Peluncurannya di Pasar Otomotif 2024 Mendatang

Senin, 4 Desember 2023 10:56 WIB

Share
Truk Pick-Up Toyota Hilux Hadirkan Sistem Hybrid Ringan Jelang Peluncurannya di Pasar Otomotif 2024 Mendatang (Ist)
Truk Pick-Up Toyota Hilux Hadirkan Sistem Hybrid Ringan Jelang Peluncurannya di Pasar Otomotif 2024 Mendatang (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Toyota Hilux akan memasuki pasar pada tahun 2024 mendatang dengan powertrain hybrid ringan yang menggabungkan mesin turbodiesel 2,8 liter dan sistem hybrid ringan 48 volt yang menghasilkan tenaga 16 hp dan 65 Nm dengan generator starter yang terintegrasi dengan sabuk.

Tenaganya ditenagai baterai lithium 48 volt yang terletak di bawah jok penumpang belakang. Mesin turbodiesel 2,8 liter menghasilkan tenaga 204 hp pada 3.400 rpm dan 500 Nm pada 1.600  hingga 2.800 rpm.

Menurut Toyota, baterai 48 volt hanya berbobot 7,6 kg dan diisi ulang melalui pemulihan energi saat pengereman, yang juga berkontribusi pada perlambatan.

Menurut Toyota, motor penggerak hibrida ringan dirancang untuk tahan terhadap kondisi lingkungan yang lebih keras pada kendaraan komersial, dengan penegang sabuk lengan ganda baru dan bahan sabuk yang lebih kuat untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan mengurangi kebisingan.

Toyota mengatakan bahwa melengkapi Hilux dengan sistem hybrid ringan 48 volt meningkatkan respons throttle dan meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5% dibandingkan dengan powertrain diesel non-listrik konvensional.

Pemasangan motor generator starter sabuk juga membantu off-road dengan memberikan akselerasi yang lebih mulus, sementara pengereman regeneratif berkontribusi pada pengoperasian menuruni bukit yang lebih aman dan meningkatkan kecepatan idle mesin pembakaran internal dari 720 rpm menjadi 600 rpm.

Pabrikan menyatakan bahwa itu juga berkontribusi dengan menurunkan Hilux Hybrid 48V memiliki kedalaman rendam air 700mm berkat baterai 48V kedap air dan konverter DC-DC. 

Selain kemampuan off-roadnya, Hilux Hybrid 48V memiliki sudut pendekatan dan keberangkatan masing-masing 29 derajat dan 26 derajat, serta ground clearance 310 mm untuk kabin ganda listrik. 

Seperti model pembakaran murni, Hilux Hybrid 48V memiliki fitur konstruksi body-on-frame dan kapasitas muatan tetap sebesar 3.500 kg di trailer dan 1.000 kg di area pemuatan.
  
Perlengkapan keselamatan untuk Hilux Hybrid 48V terdiri dari rangkaian Toyota Safety Sense, yang meningkatkan deteksi pejalan kaki di malam hari, deteksi sepeda di siang hari, dan deteksi kendaraan yang melaju atau pejalan kaki di persimpangan saat berbelok memberikan sistem pra-tabrakan yang lebih baik. Ia juga mengerem jika diperlukan.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT