ADVERTISEMENT

Pengamat Kebijakan Publik UI, Ungkap Pj Heru Kasih Peluang ASN untuk Meniti Karir di Pemerintahan

Jumat, 1 Desember 2023 16:52 WIB

Share
Foto: Penjabat Gubernur Heru gencar lakukan penghijauan di Jakarta. (Ist.)
Foto: Penjabat Gubernur Heru gencar lakukan penghijauan di Jakarta. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –   Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia (UI) Lisman Manurung, Ph.D memuji langkah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang memberikan peluang karir kepada anak buahnya di pemerintahan.

Kepala Sekretariat Presiden RI itu menawarkan aparatur sipil negara (ASN) yang ingin meniti karir lebih cepat dengan penugasan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Lisman mengingatkan, suatu kesuksesan hakikatnya diraih dengan perjuangan yang cukup panjang, bukan proses yang instan. Sebagai contoh, ASN yang awalnya berstatus staf biasa, perlahan naik jabatan memimpin lima orang, 10 orang, hingga ratusan atau ribuan orang di lembaga tertentu.

“Menjadi ASN itu mencari pekerjaan dengan tingkat kepastiannya yang kuat untuk masa mendatang, sehingga fokusnya bukan sekarang. Rata-rata ASN yang sukses itu adalah mereka yang bersedia bersusah-susah dahulu seperti tentara, baru bersenang-senang kemudian,” kata Lisman pada Jumat (1/12)

Lisman menganalogikan, seorang aparat negara perwira tinggi (pati) berpangkat jenderal yang awal karirnya adalah berpangkat perwira pertama (pama). Mereka ditempa mengikuti arahan dan perintah pimpinannya, dan secara perlahan karirnya meroket seiring dengan prestasi yang diraihnya.

“Pak Heru sebetulnya menceritakan bagaimana mestinya pelayan publik itu menyikapi tugasnya, bukan seperti bisnis. Saya juga PNS, dan saya sudah tahu pahit-pahitnya dari asisten (dosen) tidak punya uang, segala macam,” jelas dosen pasca sarjana di Universitas Indonesia (UI) ini.

Menurut dia, ASN yang bertugas di IKN harus melihat hal ini bukan sebagai hambatan, tetapi sebuah tantangan dalam pengembangan diri. Mereka bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya di wilayah yang baru dibuat oleh pemerintah pusat.

Selain itu, penataan dan pengembangan IKN yang digagas Presiden RI Joko Widodo juga tidak main-main karena menelan anggaran Rp 500 triliun lebih. Meski saat ini menjadi daerah pelosok, Lisman meyakini di masa mendatang pengembangan IKN di Kalimantan Timur akan sama baiknya seperti di Pulau Jawa.

“UI dulu dipindah ke Kota Depok (sebelumnya Jakarta), waktu dipindah itu banyak yang ribut karena tidak mau, dan segala macam. Orang yang pintar, mereka membeli tanah di Depok, dan sekarang mereka happy-happy saja karena harga tanah sudah mahal,” ungkapnya.

Lisman menilai, Heru juga tak memaksakan kehendak para ASN Jakarta untuk pindah ke IKN. Hanya saja, para ASN yang tetap berada di Jakarta harus siap bersaing sengit antarsesama pegawai untuk meniti karir di pemerintahan daerah.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT