ADVERTISEMENT

Hari Ini Pertamina Kembali Turunkan Harga Pertamax

Jumat, 1 Desember 2023 11:27 WIB

Share
Suasana pelayanan di SPBU
Suasana pelayanan di SPBU

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –   Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, pihak pertamina kembali menurunkan harga bahan bakar Minyak (BBM) non subsidi pada 1 Desember 2023.

"Pertamina berkomitmen melakukan evaluasi harga jual produk BBM nonsubsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) secara berkala sesuai dengan tren fluktuasi harga rata-rata publikasi minyak dunia acuan, yakni harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang rupiah,"ujar Irto dalam keterangannya, Jumat, (1/12/2023).

Ia menegaskan jika perubahan berkala menyesuaikan fluktuasi harga setiap bulannya, khusus pada periode tanggal 25 hingga tanggal 24 pada bulan sebelumnya.

Perubahan harga sesuai tren fluktuasi hal wajar dan boleh dilakukan oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi yang berlaku.

"Sesuai dengan tren fluktuasi harga minyak dunia MOPS atau Argus dan mengacu pada formulasi harga sesuai Kepmen ESDM ini, maka perubahan berkala harga BBM non subsidi akan selalu terjadi.Komitmen kami adalah memastikan harga BBM non subsidi Pertamina ini kompetitif, dan transparan bagi konsumen. Masyarakat  menjadi terbiasa dengan penyesuaian harga BBM Non Subsidi secara berkala” ujar Irto.

Adapun penurunan harga tersebut berlaku untuk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Green, Dexlite dan Pertamina Dex. 

Untuk wilayah DKI Jakarta, BBM jenis Pertamax mengalami penurunan Rp50 dari sebelumnya Rp13.400 menjadi Rp13.350. Kemudian Pertamax Green turun menjadi Rp14.900 dari Rp15.000. Pertamax Turbo turun menjadi Rp15.350 dari sebelumnya Rp15.500 per liter.

Kemudian Dexlite dibanderol Rp15.550 dari sebelumnya Rp16.950 dan Pertamina Dex menjadi Rp15.350 dari Rp17.750 per liter.

Sementara untuk harga BBM bersubsidi seperti Pertalite tidak mengalami penyesuaian atau tetap Rp10.000.(wanto)

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT