ADVERTISEMENT

Yamaha Resmi Hadirkan Lampu Depan Laser untuk Produk Sepeda Motornya

Kamis, 30 November 2023 15:00 WIB

Share
Yamaha Resmi Hadirkan Lampu Depan Laser untuk Produk Sepeda Motornya (Foto: Ist)
Yamaha Resmi Hadirkan Lampu Depan Laser untuk Produk Sepeda Motornya (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Lampu depan laser bukanlah hal baru pada dunia otomotif dan sudah ada di pasar otomotif sejak lama. Namun sebagian besar tidak dikenal di dunia sepeda motor sampai BMW memperkenalkannya pada tahun 2016 dengan K1600GT. Akan tetapi, lampu depan laser berada di luar jangkauan pengemudi pada umumnya.

Salah satu keunggulan lampu depan laser adalah jangkauan penerangannya yang sangat baik hingga mencapai 600 meter. Namun, penerapannya terhambat oleh biaya produksi yang signifikan dan peningkatan bobot, terutama di wilayah yang kurang mengutamakan kendaraan roda dua. Oleh karena itu, produsen terkemuka lebih memilih teknologi pencahayaan LED yang lebih murah, ringan, dan efisien.

Namun baru-baru ini Yamaha mengambil langkah berani dan mengajukan paten yang dapat merevolusi teknologi lampu depan laser. Yamaha menyadari tantangan yang terkait dengan bobot dan biaya masing-masing lampu laser dan mengusulkan solusi inovatif. 

Sistem yang dipatenkan ini memasang laser tunggal di area tengah sepeda motor dekat pusat gravitasinya. Sambungan optik mendistribusikan penerangan ke berbagai komponen seperti lampu depan, lampu belakang, indikator, dashboard, dll.

Perangkat penerangan sentral ini terbukti sangat efektif dan efisien untuk segala kebutuhan penerangan, termasuk pelayanan dan visibilitas jalan. Sistem pencahayaan masa depan diharapkan menggunakan pendekatan hibrid yang menggabungkan LED dan laser. Ia menggunakan efek jangka pendek dari LED dan efek kedalaman laser yang tak tertandingi.
 
Selain meningkatkan efisiensi sistem, inovasi ini juga menawarkan kemungkinan pengurangan bobot keseluruhan sepeda motor, terutama di area yang jauh dari pusat gravitasi.

Pengurangan bobot meningkatkan penanganan dan kinerja secara keseluruhan, dan dapat membawa kemajuan signifikan dalam teknologi penerangan sepeda motor. Namun, masih perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa diterapkan secara praktis di masyarakat.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT