Waspada Banjir, Bendungan Katulampa Masuk Siaga Dua

Kamis, 30 November 2023 10:53 WIB

Share
Bendungan Katulampa.(ist)
Bendungan Katulampa.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Siaga banjir,  hujan deras di kawasan wisata Puncak dan Kota Bogor membuat ketinggian air Bendung Katulampa naik di angka 160 cm atau pada level Siaga II. 

Sebelumnya, permukaan air di Bendung Katulampa dalam keadaan normal, yaitu 30 cm. Karena besarnya debit air yang masuk ke Sungai Ciliwung, warga yang tinggal di bantaran sungai atau daerah langganan banjir, terutama di Kebon Pala Jakarta Timur diminta untuk waspada.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan tinggi muka air pada tiga pintu air pada Kamis (30/11/2023) pagi berstatus Siaga 3. Melansir laman BPBD DKI Jakarta, tiga pintu air yang berstatus Siaga 3 pada pukul 06.00 WIB.

Tiga pintu air itu adalah Pos Pesanggarahan dengan tinggi muka air (TMA) 200 cm, Pos Angke Hulu dengan TMA 200 cm. Serta Pasar Ikan-Laut dengan TMA 190 cm.

Status Siaga 3 disematkan pada Pos Pesanggarahan sejak pukul 05.00 WIB, sementara pada jam yang sama TMA di Pos Angke Hulu 190 cm. Sementara itu, TMA di Bendung Katulampa 30 cm, Pos Depok 190 cm, Manggarai BKB 710 cm, Pos Cipinang Hulu 80 cm, Pos Sunter Hulu 70 cm.

Atas status waspada tinggi muka air di pos pantau tersebut, BPBD DKI meminta warga yang berada di sejumlah wilayah sekitar lintasan Kali Pesanggrahan untuk waspada. Diperkirakan kurang lebih empat sampai lima jam ke depan.

Sejumlah wilayah Pesanggrahan yang perlu waspada antara lain Lebak Bulus, Pondok Pinang, Bintaro, Pesanggrahan, Cipulir, Ulujami, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Kedoya Utara, Kedoya Selatan. Selanjutnya Rawa Buaya, Kembangan Utara dan Kembangan Selatan Cengkareng Timur, Srengseng, Kelapa Dua, Kapuk, Kedaung Kaliangke, Kapuk Muara.(tri)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar