Wajib Tahu, Berikut 10 Tahapan Melamar Kerja Hingga Menjadi Karyawan!

Kamis 30 Nov 2023, 13:34 WIB
Ilustrasi surat lamaran kerja. (freepik)

Ilustrasi surat lamaran kerja. (freepik)

Pada era modern ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan yang ketat dan persyaratan yang semakin tinggi membuat proses melamar kerja menjadi tantangan tersendiri bagi para jobseeker. 

Untuk itu, penting bagi calon pekerja untuk memahami tahapan melamar kerja dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh tahapan yang perlu diketahui oleh para pencari kerja.

Tahapan Melamar Kerja yang Perlu Jobseeker Ketahui

Berikut di bawah ini 10 tahapan melamar kerja yang wajib diketahui oleh para pencari kerja di antaranya, sebagai berikut.

1. Cari Informasi Loker Terbaru

Langkah pertama dalam melamar pekerjaan adalah mencari informasi mengenai lowongan kerja terbaru. Anda dapat mencari informasi ini melalui berbagai sumber, seperti situs web perusahaan, situs lowongan kerja online, media sosial, atau melalui rekomendasi dari teman dan keluarga. Pastikan Anda memiliki akses terhadap informasi terkini tentang pekerjaan yang sedang dibuka.

2. Lamar Loker yang Sesuai dengan Keahlian Anda

Setelah menemukan lowongan kerja yang menarik, langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Jangan asal melamar pekerjaan hanya karena jumlah gaji yang tinggi atau nama perusahaan yang terkenal. Pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan background Anda dan dapat mengembangkan karier Anda ke arah yang diinginkan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan pengecekan pada lowongan kerja yang hendak Anda lamar. Pastikan kalau info lowongan kerja yang Anda dapatkan merupakan loker asli dan resmi dari perusahaan yang Anda tuju. Hati-hati dengan penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan sebuah perusahaan.

3. Persiapkan CV, Cover Letter, dan Portofolio

Tahapan ini adalah langkah yang krusial dalam melamar pekerjaan. Anda perlu menyusun CV (Curriculum Vitae), cover letter, dan portofolio yang menarik. CV Anda harus mencerminkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan pencapaian Anda dengan jelas. Sementara cover letter harus menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Portofolio dapat digunakan untuk menunjukkan hasil kerja Anda yang relevan.

Berita Terkait
News Update