Massa Buruh Tutup Akses Jalan Utama Karawang Timur, Pengguna Jalan Komplain

Rabu, 29 November 2023 19:27 WIB

Share
Aksi buruh blokade jalan di Lampu Me rah Karawang Timur dikomplain pengguna jalan.(Ist)
Aksi buruh blokade jalan di Lampu Me rah Karawang Timur dikomplain pengguna jalan.(Ist)

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID –  Ribuan massa buruh Karawang melakukan penutupan akses Jalan Pantura wilayah Klari dan Gerbang Tol Karawang Timur, Rabu (29/11/2023) sore.

Diketahui, massa buruh telah memulai aksinya sejak pagi. Mereka awalnya konvoi dari sejumlah titik kawasan industri.

Kemudian, pada menjelang siang sempat hendak menutup akses jalan menuju ke Gerbang Tol Kalihurip. Namun, dengan cepat dapat dicegah langsung kepolisian.

Massa buruh juga sempat berkumpul di depan kantor bupati karawang dan pada sore sekira pukul 15.00 WIB menuju ke lampu merah Klari Jalan Pantura. Mereka berkumpul di titik tersebut hingga membuat akses jalan baik dari arah Cikampek menuju ke Karawang maupun sebaliknya tertutup.

Bahkan akses jalan menuju gerbang tol (GT) Karawang Timur Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga turut tertutup tidak bisa dilintasi pengendara.

Kemacetan juga tak terhindarkan hingga ekornya sampai wilayah Jalan Lingkar Luar Tanjung Pura maupun sampai ke wilayah Kosambi.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Bambang mengungkapkan, aksi ini merupakan dari aliansi Federasi Buruh Karawang.

Aksi ini guna mengawal rekomendasi besaran kenaikan upah minum kabupaten (UMK) dari Plt Bupati Karawang agar tidak diubah oleh Pj Gubernur Jawa Barat saat penetapan.

"Ini aksi shock therapy kami untuk terus mengawal rekomendasi upah dari bupati sampai ditetapkan Pj Gubernur Jabar," katanya.

Dia menegaskan, ada indikasi bahwa Pj Gubernur Jabar menetapkan UMK untuk kenaikannya hanya Rp32 ribu saja. Sehingga massa buruh mengawal hal itu agar sesuai dengan rekomendasi Plt Bupati Karawang sebesar 12 persen.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar