Pemkab Kepulauan Sula Pelajari Website Desaku Milik Pemkab Purwakarta

Selasa, 28 November 2023 07:23 WIB

Share
Kadiskominfo Purwakarta Rudi Hartono saat memaparkan website desaku di dihadapan puluhan camat dan kades Pemkab Sula, Maluku Utara. (Ist)
Kadiskominfo Purwakarta Rudi Hartono saat memaparkan website desaku di dihadapan puluhan camat dan kades Pemkab Sula, Maluku Utara. (Ist)

PURWAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kembali menjadi incaran kabupaten lainnya karena keberhasilan mengelola website desaku yang berdaya guna bagi pelaku UMKM.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Sedikitnya 10 orang Camat dan 87 Kepala Desa (Kades) dipimpin Asda II Pemkab Kepulauan Sula melakukan studi tiru ke Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kab Purwakarta, Senin (28/11/2023).

Mereka diterima Kepala Diskominfo Purwakarta, Rudi Hartono dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Purwakarta, Jaya Pranolo serta Camat Bungursari dan Kades Cibungur.

"Alhamdulillah hari ini kami kedatangan rombongan pejabat setingkat Camat dan Kades Pemkab Sulu, Maluku Utara yang ingin belajar mengembangkan website desaku sebagai sarana bagi pelaku UMKM memasarkan produknya melalui e-commerce," ungkap Kadiskominfo Purwakarta, Rudi Hartono kepada Poskota dikantornya, Senin (28/11/2023).

 

Dijelaskannya bahwa website desaku terlahir pada masa pandemi covid 19, tahun 2020 lalu, diprakarsai Diskominfo bekerjasama dengan DPMD.

"Kami paham betul pada masa pandemi itu ekonomi turun drastis karena pemberlakuan lockdown. Kami berpikir bagaimana menjalankan roda usaha sekaligus pada posisi lockdown dan WFH kala itu. Makanya dibuat website Desaku sebagai media memasarkan produk UMKM kepada masyarakat secara online," ujar Rudi yang didampingi Kabid Telematika, Gumelar dan Analis Integrasi Proses Bisnis Diskominfo, Tita Rosmiati.

Atas keberhasilan tersebut, lanjut dia, Pemkab Sulu, berkeinginan mengadopsi website desaku untuk diterapkan didaerahnya. "Mereka memohon ijin meminta replika pembuatan aplikasi desaku. Pada dasarnya kami tidak keberatan selama membawa kemanfaatan untuk masyarakat," katanya.

 

Ditempat yang sama, Analis Integrasi Proses Bisnis Diskominfo Purwakarta, Tita Rosmiati menambahkan fitur desaku ini terintegrasi pada aplikasi ogan lopian milik Pemkab Purwakarta. "Caranya buka playstore kemudian download aplikasi oganlopian yang didalamnya ada fitur desaku," jelas Tita.

Halaman
Reporter: Dadan Sukmana
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar