ADVERTISEMENT

4 Media yang Menerima Tulisan Opini, Suarakan Pendapat Kamu!

Selasa, 28 November 2023 14:25 WIB

Share
Ilustrasi menulis opini. (freepik)
Ilustrasi menulis opini. (freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Siapapun pasti memiliki pandangan terhadap suatu isu. Baik itu isu politik, ekonomi, lingkungan maupun agama, jadi kenapa tidak kita coba untuk menyampaikan opini secara baik dan menarik melalui tulisan?.

Saat ini ada banyak media yang menerima tulisan berupa opini. Terutama kamu yang suka menulis dan memiliki pandangan penting terhadap sebuah isu wajib menyuarakannya melalui media-media berikut

Poskota.co.id
Poskota merupakan media independen yang selalu menyajikan berita-berita segar dan akurat. Tapi, tidak hanya berita-berita penting yang bisa kita temukan di sini. Poskota juga menerima tulisan berupa opini, lho!


Dengan jutaan pembaca yang membanjiri poskota setiap harinya, opini yang kamu tulis bisa didengar oleh banyak orang di seluruh Indonesia. 
 

Media Indonesia

Media Indonesia adalah media mainstream yang membuka kesempatan penulis berpartisipasi dalam kolom opini. Sulitkah menulis opini di Media Indonesia? Tentu saja pasti sulit. Rata-rata kontributor Media Indonesia berprofesi sebagai dosen, yang umumnya sudah tergabung dalam serikat profesi yang diikat dengan kode etik. 

Namun, tidak menutup kemungkinan juga sebenarnya apabila opini kita dinilai bagus, bisa saja redaksi Media Indonesia menayangkan opini yang kita kirim. Berikut syarat penulisan opini di mediaindonesia.com:

  • Naskah maksimal memuat 5.000 karakter
  • Lengkapi identitas, mulai dari nama lengkap, nomor telepon, foto KTP, dan alamat email yang valid.
  • Lampirkan foto terbaru dengan ukuran 6x4 format landscape.

Geotimes
Geotimes juga membuka kesempatan bagi siapapun untuk menulis opini dan setiap artikel opini kiriman penulis yang dipublikasikannya akan mendapatkan honorarium. 
Jika ingin mencoba mencari peruntungan di Geotimes, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di websitenya, lalu silakan submit opini pada bagian navigasi “Akun”. Artikel harus memuat 750-1.000 kata.

Kompas


Kompas adalah salah satu media terbesar di Indonesia. Kompas menerima tulisan opini dari pembaca dan membayar kontributornya dengan honorarium. Namun, Kompas tidak menyebutkan jumlah honorarium yang diberikan. Berikut syarat penulisan opini di Kompas:

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT