Melawan! Anwar Usman Gugat Ketua MK Suhartoyo ke PTUN

Minggu, 26 November 2023 15:56 WIB

Share
Teks foto: Anwar Usman.saat menjadj Ketua MK. (rizal)
Teks foto: Anwar Usman.saat menjadj Ketua MK. (rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mantan Ketua dan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, mengajukan gugatan terhadap Ketua MK Suhartoyo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Seperti dilaporkan dari situs resmi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta. 

Anwar Usman mengajukan gugatan pada hari Jumat dan didaftarkan dengan Nomor Perkara 604/G/2023/PTUN.JKT.

Namun, materi gugatan yang diajukan Anwar Usman belum diketahui dan majelis hakim yang akan mengadili gugatan tersebut belum tercantum dalam situs tersebut.

Sebelumnya, Anwar Usman mengajukan surat keberatan kepada MK terkait pemilihan Suhartoyo sebagai Ketua MK menggantikan dirinya. 

Surat keberatan Anwar Usman ini disampaikan oleh tiga kuasa hukumnya pada tanggal 15 November 2023 dan telah dijawab oleh MK pada Kamis, 23 November 2023.

Hakim MK, Enny Nurbaningsih menyatakan bahwa pengangkatan Suhartoyo sebagai Ketua MK periode 2023-2028 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Enny menjelaskan, bahwa Suhartoyo dipilih melalui proses penentuan secara musyawarah mufakat yang juga dihadiri oleh Anwar Usman. 

"Dalam proses penentuan secara musyawarah mufakat Ketua MK yang baru juga dihadiri langsung oleh Yang Mulia Anwar Usman. Surat jawaban tersebut dikirimkan kepada yang mengajukan keberatan, yaitu kuasa a.n Yang Mulia Anwar Usman " imbuh Enny.

Enny menambahkan bahwa surat balasan atas surat keberatan tersebut telah dikirimkan kepada kuasa yang mengajukan keberatan yaitu kuasa atas nama Anwar Usman.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar