Jokowi: Guru Miliki Tanggung Jawab Global Cetak SDM Unggul

Sabtu, 25 November 2023 18:37 WIB

Share
Pesiden Jokowi usai Perayaan Hari Guru Nasional. (rizal)
Pesiden Jokowi usai Perayaan Hari Guru Nasional. (rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeriahkan puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Saat pantauan di lokasi acara, Jokowi tiba sebelum acara dibuka dan terlihat duduk di antara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam acara tersebut, Jokowi mengungkapkan pentingnya memberikan apresiasi dan terima kasih yang besar kepada para guru sebagai kewajiban negara. 

"Adalah kewajiban negara untuk memberikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para guru," ucap Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

 

Jokowi menyebut  bahwa dirinya menjadi Presiden Republik Indonesia juga berkat pelajaran-pelajaran yang diajarkan oleh para guru. Para guru, kata Jokowi, memiliki tanggung jawab untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk menjawab tantangan masa depan dan global yang semakin sulit.

Jokowi menekankan, bahwa dinamika global dan perkembangannya menjadi sulit ditebak, dengan perubahan global yang selalu terjadi, distrupsi teknologi yang terjadi setiap hari, serta lanskap politik dan ekonomi yang selalu berubah-ubah. 

Jokowi pun mengapresiasi gerakan perubahan pola pikir dalam mendidik para murid lewat program Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makariem.

Jokowi menekankan bahwa tanpa perubahan paradigma dan mindset, maka SDM-SDM Indonesia akan sulit menyesuaikan diri dengan dinamika global yang semakin tidak mudah. 

"Karena tanpa perubahan paradigma, perubahan mindset, akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dunia saat ini," pungkas Jokowi dalam acara tersebut.

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar