ADVERTISEMENT

Cara Menghitung Poin dan Skor Tenis Meja

Jumat, 24 November 2023 18:33 WIB

Share
Ilustrasi tenis meja. (Freepik)
Ilustrasi tenis meja. (Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -Tenis meja adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang pemain tunggal atau dua pasang pemain ganda dengan cara menghadapi lawan menggunakan bola kecil, bet yang terbuat dari kayu dengan dilapisi karet dan lapangan tenis yang berbentuk meja.

Dikutip dari MaenMedia.com, cara bermain dalam permainan tenis meja ini menuntut kecepatan, keterampilan, ketelitian dan juga reflek yang cepat.

Dalam setiap permainan, pemain harus mengambil keputusan yang cepat dan akurat mengenai tembakan yang tepat dan menyusun strategi yang efektif untuk mengalahkan lawan.

Cara Menghitung Poin Tenis Meja Dengan latihan yang teratur, pemain dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam  bermain tenis meja dan ketahui Poin Tenis. Berikut peraturan dan cara menghitung Poin dan Skor Tenis Meja dengan benar.

Aturan Skor Poin Tenis Meja Tenis meja dapat dimainkan dalam 3, 5 atau 7 set (permainan). Namun pada umumnya pingpong dimainkan dalam 5 set atau best of lima set dengan sistem penghitungan poin berupa poin reli.

Permainan tenis meja akan berakhir apabila salah satu pemain berhasil memperoleh 11 poin dengan
menggunakan sistem titik temu. Artinya jumlah poin maksimal untuk satu set (permainan) adalah 11 poin.

Pemenang dari satu Set Poin Tenis Meja adalah pemain yang memperoleh 11 poin terlebih dahulu. Jika terjadi deuce (skor 10-10), maka pemenang pada set tersebut adalah yang mendapat keunggulan 2 (dua) poin, misalnya 12-10, 13-11, 14-12 dan seterusnya.

Skor Setiap set dimainkan hingga salah satu pemain atau tim mencapai 11 Poin Tenis. Pemain yang telah mencapai sekitar 11 poin dengan selisih minimal dua poin bisa memenangkan set tersebut.

Pertandingan tenis meja biasanya akan dimainkan dalam format best-of-five set. Poin dianggap sah apabila bola memantul ke area samping tenis meja. Poin juga akan tetap dianggap sah jika bola mengenai area di bawah pergelangan tangan hingga jari. Namun diharapkan bola selalu mengenai bet atau pemukulnya.

Pemain dinyatakan sebagai pemenang jika ia berhasil mengumpulkan skor 11 poin dalam dua set (jika memainkan tiga set), memenangkan 11 poin dalam tiga set (jika memainkan lima set).

Rally point dengan skor sekitar 11 poin ini adalah salah satu skor maksimal yang berlaku dalam permainan tenis meja. 12 Poin tetap dianggap sah jika bola mengenai area di bawah pergelangan tangan hingga jari. Namun diharapkan bola selalu mengenai bet atau pemukulnya.

DeuceTenis meja deuce Nilai maksimal dalam pertandingan tenis meja dengan sistem titik temu adalah 11  poin. Pemenang dari satu set pertandingan tenis meja adalah pemain yang mampu meraih 11 poin terlebih dahulu
Artinya jika kedua pemain memperoleh skor yang sama (10-10, 11-11 dst) dalam suatu permainan tenis meja maka akan diadakan deuce.

Dan Artinya pemenang set tersebut adalah pemain yang dapat memperoleh keunggulan 2 (dua) poin, misalnya 12-10, 13-11, 14-12 dan seterusnya. Tie Break Tie break menggunakan penghapusan pemenang dari antara pemain atau tim yang terikat pada akhir contest, atau serangkaian contest.

Pemain yang melakukan tie break adalah pemain yang melakukan servis bola setelah kedudukan 6-6, yang biasa dikatakan tie break bagi pemain tersebut. Pemain melakukan servis bola dari posisi deuce (sisi kanan) dan melakukannya hanya untuk 1 poin.

GameGame merupakan sebuah permainan yang menyenangkan seperti game bola tenis ini, merupakan  sebuah hiburan yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin.

Cara Mendapatkan Skor Tenis Meja
Cara supaya anda bisa memperoleh skor atau poin dalam permainan tenis meja adalah sebagai berikut: Jika sebuah bola pingpong dilempar dan dipukul, namun ternyata tembakannya meleset, maka poin tersebut menjadi milik lawan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT