Transjakarta Tambah 22 Unit Armada Bus Listrik dari Operator Eksisting Bianglala Metropolitan

Kamis, 23 November 2023 19:04 WIB

Share
Peluncurkan sebanyak 22 unit armada bus listrik terbaru Transjakarta.(Ist)
Peluncurkan sebanyak 22 unit armada bus listrik terbaru Transjakarta.(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan sebanyak 22 unit armada bus listrik terbaru dari operator eksisting Bianglala Metropolitan (BMP).

Peluncuran dilakukan di Depo BMP, Jl. RE Martadinata No 50. A, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tanggerang Selatan pada hari ini, Kamis (23/11). 

Hadir dalam acara Kepala Dinas Pehubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza, Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Haris Muhammadun, Ketua DPP Organda Shafruhan Sinungan.

“Kami dari Pemprov DKI mengucapkan terima kasih karena telah mengimplementasikan sebanyak 22 unit bus listrik. Semoga bisa memberikan manfaat, terutama dalam perbaikan kualitas udara di Jakarta,” Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis (23/11).

Dengan tambahan 22 unit ini lanjut Syafrin, Transjakarta memiliki saat ini memiliki total 74 unit bus listrik yang dioperasikan. “Target kami hingga akhir tahun ada 100 bus listrik yang dioperasikan. Untuk sisanya sebanyak 26 unit lagi masih dalam persiapan dan harapannya akhir tahun sudah mengaspal,” katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Welfizon Yuza selaku Direktur Utama PT Transjakarta menuturkan, armada-armada bus listrik baru ini nantinya akan dioperasikan di jaringan non-BRT pada rute Stasiun Manggarai - Universitas Indonesia (4B) dan TU Gas - Bundaran Senayan(4C). 

Kedua rute ini belum pernah dilewati bus listrik sebelumnya. Harapannya masyarakat yang belum pernah menjajal bus listrik sebelumnya bisa merasakan pengalaman menggunakan bus listrik yang sangat nyaman digunakan pelanggan. 

“Ini komitmen kami dalam menghadirkan layanan yang aman dan bertanggung jawab pada lingkungan. Sesuai acuan kami Bersih, Berdaya, Bestari. Khususnya pada aspek Bersih, kita secara bertahap telah melakukan elektrifikasi armada dan memberdayakan operator yang sudah ada,” tuturnya. 

Sebagai informasi, bus listrik dari operator BMP merupakan bus tipe Low Entry yang melengkapi bus-bus listrik lain yang sudah mengaspal di jalur Transjakarta. 

Bus llistrik dari operator BMP sendiri merupakan pabrikan Golden Dragon (SAG) dengan kapasitas baterai 326 kWh. Bus dengan kapasitas pelanggan sebanyak 60 ini memiliki jarak tempuh sejauh 250 km atau setara 17 jam beroperasi dengan pengisian daya _fast charging_ selama dua jam. (Aldi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar