ADVERTISEMENT

RSUD Berkah Pandeglang Buka Layanan Bagi Caleg Stres Akibat Kalah Pemilu

Sabtu, 18 November 2023 17:05 WIB

Share
Suasana pelayanan di RSUD Berkah Pandeglang. (Foto: Ist).
Suasana pelayanan di RSUD Berkah Pandeglang. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG,  POSKOTA.CO.ID –  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pandeglang, telah menyiapkan ruang khusus dan dokter, untuk konsultasi masalah kejiwaan bagi para Calon Legislatif (Caleg) yang merasa stres akibat kalah dalam kontestasi Pemilu 2024.

Kepala Bagian Program RSUD Berkah Pandeglang, Dr. Marfuah Nur Aini mengungkapkan, bahwa RSUD Berkah Pandeglang telah memiliki poli kesehatan jiwa, dengan layanan dari dokter spesialis jiwa dan psikiater.

"Pada layanan ini juga siap membantu caleg yang mungkin mengalami gangguan mental pasca kalah Pemilu, seperti kecemasan, depresi, dan kondisi lainnya," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (18/11/2023).

Dikatakannya, para caleg atau masyarakat yang mengalami gangguan mental, tidak perlu merasa malu untuk berkonsultasi dengan dokter yang sudah siap memberikan layanan tentang hal itu.

"Jadi kami di RSUD Berkah Pandeglang siap memberikan layanan bagi mereka yang mengalami perubahan perilaku akibat tekanan, kesedihan, atau kecemasan," katanya.

Menurutnya, bagi Caleg yang merasakan depresi, stres akibat kegagalan dalam Pemilu nanti, pihaknya akan memberikan dukungan konsultasi untuk membangkitkan rasa percaya diri dan kesehatan mentalnya.

"Dokter spesialis jiwa akan memberikan obat jika diperlukan, terutama dalam kasus gangguan psikosis yang memerlukan penanganan medis," ujarnya.

Ditambahkannya, pentingnya pengobatan dan dukungan mental dalam mengatasi depresi yang disebabkan oleh ketidakcapaian harapan atau cita-cita seseorang, serta pengaruh kata-kata dari lingkungan sekitar.

"Kami juga di sini dengan para dokter dan perawat selalu memberikan bimbingan rohaninya juga, supaya pasien ingat kepada Allah dan melaksanakan sholat dan berzikir, serta menerima takdir Allah," tuturnya. (Samsul Fatoni).

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT