ADVERTISEMENT

Obrolan Warteg: Bukan Hanya Bebas, Juga Adil

Rabu, 15 November 2023 05:52 WIB

Share
Obrolan warteg. Poskota.
Obrolan warteg. Poskota.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ada hal menarik yang disampaikan Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto ketika menyampaikan 'Pidato Calon Presiden RI: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri', di Auditorium CSIS, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini bicara pandangannya mengenai Eropa. Menurut Ketum Gerindra ini, bangsa Indonesia mengagumi Eropa, namun sebaliknya, Eropa tidak kagum dengan Indonesia.

Prabowo mengaku kadang bercanda dengan temannya mengenai ketidakkaguman bangsa Eropa kepada Indonesia. Contohnya, orang Eropa tidak mengetahui Indonesia, tahunya Bali.

“Iya sih candaan seperti itu sering kita dengar. Bali dikatakan lebih dikenal ketimbang Indonesia. Padahal Bali bagian dari Indonesia. Itu cerita orang – orang yang sering pergi ke luar negeri,” kata Mas Bro mengawali obrolan warteg bersama sohibnya, Yudi dan Heri.

“Lah.. memangnya yang ngomong, bukannya sering ke luar negeri. Bahkan pernah ke sejumlah negara Eropa,” sindir Yudi.

“Itu kan dulu karena tugas, sekaligus mencari pengalaman dan ilmu. Bisa jadi, dulu dan sekarang mungkin berbeda tentang persepsi masyarakat negeri barat terhadap Indonesia,” jelas Mas Bro.

“Tetapi bahwa di antara mereka banyak tahu tentang Bali, sulit dipungkiri. Kadang, dalam beberapa hal, mereka lebih tahu, ketimbang kita,” tambah Mas Bro.

“Kok bisa begitu?” tanya Heri.

“Banyak di antara mereka yang sudah beberapa kali ke Bali, kemudian mengeksplor tempat wisata dan budaya sedemikian rupa, sedangkan kita ada juga yang belum pernah ke Bali,” urai Mas Bro.

“Ya iyalah cerita soal Bali bagi yang sudah datang , apalagi berkali – kali tentu lebih banyak tahu, ketimbang yang belum pernah ke sana,” ujar Heri.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT