ADVERTISEMENT

FIFA Sebut Kualitas Rumput JIS Sangat Baik Usai Polemik yang Terjadi

Selasa, 14 November 2023 21:18 WIB

Share
FIFA Sebut Kualitas Rumput JIS Sangat Baik. (Foto : FIFA)
FIFA Sebut Kualitas Rumput JIS Sangat Baik. (Foto : FIFA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Federation Internationale de Football Association (FIFA) menyebut, kualitas rumput di stadion Jakarta International Stadium (JIS) dalam ajang bergensi Piala Dunia U-17 sangat baik.

Hal tersebut disampikan Senior Pitch Management FIFA, Alan Ferguson usai polemik mengenai kualitas rumput di JIS yang dinilai tidak baik hingga menimbulkan kritikan dari publik beberapa waktu ini.

Dalm siaran pers yang dibagikan oleh PSSI, menurut FIFA, sebagai stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan terbanyak dengan 16 pertandingan, JIS telah melakukan uji coba dengan baik dalam jangkauan internasional yang optimal.

FIFA telah menyatakan kepuasannya atas pencapaian ini dan mengapresiasi upaya PSSI dan pemerintah Indonesia yang telah memenuhi tugas renovasi stadion, termasuk untuk JIS.  

Alan menjelaskan bahwa, faktor kelembaban dan curah hujan menjadi tantangan yang harus diperhatikan. Namun, kata dia, kualitas rumput Zoysia yang biasa tumbuh di negara tropis sudah sangat baik.

"Ini akan selalu menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk kelembaban dan curah hujan di musim hujan. Namun, semua itu telah dikelola dengan sangat baik dengan gangguan yang minimal," kata Alan dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (14/11/2023).

Kemudian, kata dia, Indonesia telah meningkatkan kualitas stadion dan memenuhi persyaratan minimum stadion yang digunakan untuk turnamen resmi FIFA.  

"Pemeliharaan lapangan, alat pemotong rumput, dan impor peralatan profesional, yang merupakan hal baru di Indonesia, saya pikir tidak hanya menyediakan platform yang bagus untuk turnamen yang hebat, tetapi juga menyediakan platform yang bagus untuk warisan yang hebat." papar dia.

Hingga 9 Oktober 2023, rumput Zoysia yang digunakan di JIS dipanen dari Universitas Pelita Harapan. Proses pemanenan menggunakan mesin khusus yang dapat menghasilkan gulungan rumput seperti karpet dengan ketebalan lebih dari 4 sentimeter.

Setiap proses penggantian lapangan tersebut selalu diawasi secara ketat oleh tim manajemen lapangan FIFA, yang melakukan pengecekan kualitas setiap hari.  

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT