ADVERTISEMENT

Hari Pahlawan Tahun 2023, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Jumat, 10 November 2023 12:27 WIB

Share
Presiden Joko Widodo memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (biro pers)
Presiden Joko Widodo memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –   Berkaitan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2023, Presiden  memimpin ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta,  Jumat (10/11/2023l). 

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Pnb. Puguh Yulianto. Kemudian dalam suasana hening, sirene dibunyikan selama 60 detik untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta. 

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi para arwah pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Setelah itu, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Selepas rangkaian upacara peringatan, Presiden bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi sejumlah jajaran terkait meninggalkan tempat upacara untuk melaksanakan tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadi Kusuma, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga dan pahlawan tidak dikenal. 

Presiden Joko Widodo dalam unggahannya di akun Instagram pribadi mengatakan bahwa para penerus bangsa yang hari ini mengenang jasa para pahlawan harus menanamkan tekad mengisi kemerdekaan dengan semangat tinggi demi kemajuan bangsa.

"Kita kembali memancangkan tekad mengisi kemerdekaan itu dengan kerja keras dan semangat tinggi untuk memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan, dan bersama menyongsong kemajuan Indonesia," tulisnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto. (johara)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT