ADVERTISEMENT

Antisipasi Golput di Pemilu 2024, Kesbangpol Depok Gencar Sosialisasi Pendidikan Politik ke Pemilih Pemula

Kamis, 9 November 2023 12:01 WIB

Share
Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Iienda Ratnanurdiany (angga)
Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Iienda Ratnanurdiany (angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pada anak muda usia pemula pemilih di Kota Depok, berpotensi menjadi golongan putih (golput) di Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Lienda Ratnanurdiany saat memberikan sosialisasi politik bagi pemilih pemula di SMA Kasih, Kota Depok, Rabu (8/11/2023) kemarin

Menurutnya,  jika tidak ada pemberian sosialisasi terhadap pemilih pemula dikhawatirkan dapat berpotensi anak muda menjadi golput dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun pemilihan Presiden di Pemilu 2024.

"Pada anak muda masuk kategori pemilih pemula perlu dikasih pembekalan sosialisasi mengenal tahapan pemilu. Jika tidak berpotensi golput," ujar Lienda i, Kamis (9/11/2023).

Sebagai tugas pemerintah dalam hal ini Kesbangpol akan berkolaborasi dengan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan turun blusukan ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan politik.

"Penghasilan suara anak muda kategori pemilih pemula dapat menyumbangkan 36 persen dari DPT mencapai jutaan di wilayah Depok, cukup tinggi jika ada sosialisasi politik dari sekarang berpotensi golput," tambahnya.

Melihat keadaan situasi politik sekarang, lanjut Lienda masyarakat sekarang ini kurang tertarik dalam proses demokrasi.

"Seperti disampaikan pak Wali Kota Idris, bahwa sebenarnya, kita ini negara demokrasi, seluruh masyarakat harus ikut berperan dalam proses demokrasi tersebut, penyelenggaraan politik bernegara," tuturnya.

Sehingga guna meminimalisasi golput saat Pilkada mendatang, Lienda menilai pemerintah perlu memberikan edukasi bagaimana menjadi pemilih yang cerdas.

"Sudah 17 tahun itu mereka punya hak pilih, kemudian juga mereka harus menjadi pemilih cerdas. Jangan sampai golput," kata Lienda lagi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT