ADVERTISEMENT

5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pada Ulu Hati

Selasa, 7 November 2023 19:48 WIB

Share
Cara mengatasi sakit pada ulu hati (Pexels/Sora Shimazaki)
Cara mengatasi sakit pada ulu hati (Pexels/Sora Shimazaki)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Sakit pada ulu hati acap kali terjadi saat kondisi asam lambung naik. Asam lambung yang naik adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang cukup sering terjadi.

Sakit atau nyeri pada ulu hati merupakan rasa sakit pada bagian tengah atas perut yang disertai dengan sensasi panas, mual dan perut kembung. 

Meski kerap dikaitkan dengan asam lambung naik, namun sakit pada ulu hati dapat  disebabkan juga oleh beberapa kondisi medis, seperti sindrom dispepsia, pankreatitis, irritable bowel syndrome, tukak lambung, hingga kanker lambung.

Selain itu, sakit pada ulu hati juga sering dialami ibu hamil karena perubahan hormon yang membuat katup atau sfingter pembatas kerongkongan dan lambung melemah.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena tekanan pada lambung akibat ukuran janin yang membesar, sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Melansir website resmi SiloamHospital, berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi sakit pada ulu hati.

1. Hindari berbaring setelah makan

Menghindari kebiasaan berbaring setelah makan merupakan cara pertama untuk mengatasi sakit pada ulu hati. Pasalnya, berbaring atau tidur setelah makan dapat memicu asam lambung naik yang memperburuk rasa nyeri ulu hati. Jika ingin berbaring, berilah jeda waktu selama 3 jam setelah mengkonsumsi makanan.

2. Tidak mengonsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memperburuk rasa sakit pada ulu hati. Sebab, dapat melemahkan kinerja otot saluran pencernaan yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, konsumsi kafein dan rokok juga dapat memicu timbulnya rasa sait pada ulu hati. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ashley Angelina Kaesang
Editor: Ashley Angelina Kaesang
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT