ADVERTISEMENT

Diperingati Setiap Tanggal 7 November, Intip Sejarah Hari Wayang Nasional 

Senin, 6 November 2023 14:30 WIB

Share
Hari Wayang Nasional (Ilustrasi).
Hari Wayang Nasional (Ilustrasi).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari Wayang Nasional diperingati setiap tanggal 7 November setiap tahunnya. Jenis wayang di Indonesia sendiri sangat beragam hingga akhirnya muncul Hari Wayang Nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018.

Melansir dari salah satu channel Youtube kreatif, 7 November ditetapkan sebagai hari Wayang Nasional berdasarkan keputusan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) yang telah mengakui wayang sebagai "Masterpiece of the oral and integritage of humandity" pada 2003.

Asal uslu lainnya ditetapkan Hari Wayang Nasional itu setelah wayang dinyatakan sebagai bagian dari Warisan Budaya Takbenda UNESCO dalam kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul "The Wayang puppet theater".

Hari Wayang Nasional merupakan momen penting yang sangat bersejarah dalam kalender budaya Indonesia karena telah menjadi identitas bangsa Indonesia untuk mengapresiasi seni wayang di penjuru Sabang sampai Marauke.

Wayang yang dibuat dari pahatan kulit atau kayu banyak tersebar untuk untuk menampilkan seorang tokoh dalam sebuah pertunjukan drama tradisional. Dalam hal ini, ada pemain wayang yang akan menggerakkan wayang-wayang dalam pertunjukkannya dan dikenal dengan istilah dalang.

Menurut para ahli, kesenian wayang telah ada dan berkembang sejak zaman kuno sekitar 1500 SM, jauh sebelum agama dan budaya dari luar masuk ke Indonesia. 

Diketahui, salah satu wayang tertua yakni wayang kulit. Wayang Kulit diyakini diciptakan oleh Prabu Jayabaya raja Kediri pada tahun 861 Saka (berdasarkan sengkalan gambaring wayang wolu 939 M) dengan mengambil bentuk-bentuk relief candi.  

Disamping itu, Wayang bukan hanya menjadi sarana hiburan, namun wayang sering dijadikan sebagai media komunikasi, penyampai tradisi, serta penyebar nilai-nilai, bahkan berhasil dalam penyebarluasan ajaran agama Hindu dan Islam di Indonesia.

Itu dia sejarah singkat dan informasi tentang wayang dan kenapa Hari Wayang Naional ditetapkan pada tanggal 7 November setiap tahunnya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa bahwa besok merupakan Hari Wayang Naional.


 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT