ADVERTISEMENT

Antisipasi Bencana Pada Musim Pancaroba, Pemkab Bogor Tambah Anggaran BTT

Selasa, 31 Oktober 2023 09:56 WIB

Share
Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin (ist)
Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR,   POSKOTA.CO.ID – Antisipasi bencana pada musim pancaroba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menambah alokasi Belanja Tak Terduga (BTT) menjadi Rp 52 miliar pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menyebut, dari BTT yang semula senilai Rp. 22 miliar, ditambahkan Rp. 20 miliar pada rancangan Perubahan APBD 2023 dan kembali mendapatkan penambahan Rp 10 miliar pada pengesahan Perubahan APBD.

Menurut Burhan, penambahan BTT tersebut sebagai langkah antisipasi untuk penanganan bencana dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

"BTT ini harus antisipasi karena di bulan November-Desember itu sudah mulai (musim) hujan," ungkap Burhan, Selasa (31/10/2023).

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyebutkan bahwa penambahan alokasi BTT merupakan hal prioritas dalam pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2023, salah satunya untuk penanganan dampak kebakaran hebat Pasar Leuwiliang pada bulan lalu.

"Kemarin baru kejadian bencana kebakaran di Leuwiliang, pas pada saat kita berproses sudah mau selesai, akhirnya kita bahas ulang kembali agar dapat terakomodir untuk relokasi pedagang sekitar lokasi kebakaran," kata Rudy. 

Kemudian, anggaran BTT untuk percepatan pemberian bantuan sarana air bersih di tengah kekeringan pun menjadi salah satu prioritas dalam APBD Perubahan TA itu. 

"Lalu, terkait kegiatan sosial, kita menengok ke Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) yang ada di Citeureup, satu-satunya milik Kabupaten Bogor. Itu kita prioritaskan buat warga yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Kita mulai di akhir tahun 2023, dan kita optimalkan di 2024," pungkasnya. (Panca Aji).

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT