ADVERTISEMENT

Piala Presiden Esports 2023 Jadi Wadah Pengembangan Gim Lokal

Sabtu, 21 Oktober 2023 16:21 WIB

Share
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo. (foto/Poskota)
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo. (foto/Poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Babak Main Event Piala Presiden Esports 2023 resmi dimulai pada Sabtu (21/10/2023) di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta Pusat. 

Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 sebagai wadah mencari bibit dan talenta esports baru di Indonesia. 

Selain itu, Piala Presiden Esports juga menjadi wadah untuk pro player mengembangkan diri mereka lewat gim lokal.

"Piala Presiden Esports merupakan event pioneer yang dikembangkan oleh Pemerintah RI melalui Kantor Staf Presiden RI bersama dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait lainnya, event ini sekaligus menjadi benchmark di liga utama tim esports Indonesia," ujar Dito.

Konsistensi Piala Presiden Esports dalam melibatkan gim lokal di setiap edisinya juga disorot Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Piala Presiden Esports memiliki potensi sebagai wadah pengembangan karya anak bangsa dengan terus memberikan panggung bagi para pengembang gim asal Indonesia untuk memperlihatkan karyanya. 

"Piala Presiden Esports 2023 adalah event yang menjadi barometer esports di Indonesia. Kejuaraan ini merupakan bagian dari event yang menggerakkan berbagai potensi, terutama dalam membuka peluang usaha, lapangan kerja dan prestasi esports Indonesia yang meningkat. Selain melahirkan talenta esports baru, Piala Presiden Esports 2023 juga mendorong kemajuan industri gim lokal. Kami berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," papar Sandiaga.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo memaparkan jika Piala Presiden Esports kembali mencetak sejarah baru.

Salah satunya adalah kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women yang dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini. 

Selain itu, gelaran edisi kelima ini juga menjadi kali pertama, jumlah gim lokal lebih banyak ketimbang gim mancanegara.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT