ADVERTISEMENT

Ini Dia Sosok Pemilik Burger King yang Sukses Membuka 14.000 Cabang di 100 Negara

Kamis, 19 Oktober 2023 13:21 WIB

Share
Sosok pemilik restoran cepat saji Burger King (Ist)
Sosok pemilik restoran cepat saji Burger King (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tak sedikit para pecinta makanan cepat saji merasa penasaran dengan sosok dibalik suksesnya bisnis waralaba tersebut. Salah satunya pendiri Burger King yang sangat menarik untuk disimak kisahnya.

James Whitman McLamore, pendiri dan CEO perusahaan Burger King merupakan salah satu sosok yang sangat berpengaruh dalam kepopularitasan Burger King di seluruh dunia.

Burger King sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1954 silam oleh James Whitman McLamore bersama dengan rekan bisnisnya bernama David Edgerton di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Diketahui, James mulai menjual makanan cepat saji tersebut pada tahun 1959, dan pada saat itu Burger King menjadi jaringan nasional. Pada tahun 1963, perusahaan tersebut akhirnya berekspansi ke luar wilayah Amerika Serikat dengan membuka toko di Puerto Riko.

Selanjutnya, pada tahun 1967 bisnis tersebut dijual kepada Perusahaan Pillsbury, yang pada akhir tahun 1970-an menggandeng Donald N. Smith, mantan eksekutif McDonald's yang merevitalisasi Burger King dengan cara memperluas menu serta memperketat kontrol atas para pebisnis waralaba.

Kemudian, Pillsbury diakuisisi oleh salah satu perusahaan Inggris bernama Grand Metropolitan (Grand Met) PLC pada tahun 1989. Grand Met menjadi Diageo PLC usai merger dengan pembuat bir di Irlandia Guinness PLC pada tahun 1997.

Akhirnya pada tahun 2002, Diageo mulai menjual Burger King ke konsorsium ekuitas swasta pemodal, yakni Texas Pacific Group, Bain Capital, dan Goldman Sachs Capital Partners.

Pada tahun 2010, 3G Capital yang merupakan grup investasi yang dikembangkan oleh seorang miliarder Brazil bernama Jorge Paulo Lemann, mengambil alih perusahaan tersebut melalui laveraged buyout.

Pada tahun 2012, saham Burger King dijual kembali ke publik namun 3G tetap memegang kendali perusahaan tersebut. Burger King Worldwide pada akhirnya bergabung dengan rantai donat dan makanan cepat saji Kanada Tim Hortons pada tahun 2014 dan perusahaan induk baru bernama Restaurant Brands International.

Burger King Corporation sendiri merupakan salah satu dari sekian banyaknya perusahaan restoran cepat saji yang secara khusus menjual hamburger cepat saji yang dipanggang dengan api.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT