ADVERTISEMENT

Honda Rilis Teknologi Inovatif E-Clutch untuk Pengendalian Transisi Kopling pada Sepeda Motor

Rabu, 11 Oktober 2023 14:05 WIB

Share
Fitur Honda E-Clutch resmi diluncurkan untuk sepeda motor masa depan (Ist)
Fitur Honda E-Clutch resmi diluncurkan untuk sepeda motor masa depan (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Produsen otomotif asal Jepang, yakni Honda baru saja memperkenalkan Honda E-Clutch, sebuah teknologi pionir yang dirancang untuk meningkatkan pengendalian kopling pada momen transisi pada sepeda motor.

Fitur terdepan di industri ini siap untuk mendefinisikan kembali pengalaman berkendara sepeda motor dengan mengontrol pengaktifan kopling secara elektronik ketika terjadi fluktuasi tenaga mesin.

Digambarkan oleh Honda sebagai 'clutch assist', E-Clutch mewakili sebuah langkah maju yang signifikan dalam dunia sepeda motor. Fitur ini dirancang khusus untuk kelancaran pengoperasian pada saat-saat kritis perubahan gaya penggerak, termasuk memulai, memindahkan gigi, dan berhenti.

Dalam situasi kritis seperti ini, Honda E-Clutch dinilai sangar efektif untuk menghilangkan kebutuhan pengemudi saat mengoperasikan kopling secara manual. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengemudi tetap memegang kendali penuh atas kopling bahkan ketika kopling elektronik diaktifkan. Dengan menggunakan tuas kopling konvensional, pengendara sepeda motor tetap bisa mengaktifkan kopling secara manual.

Namun, sistem kontrol elektronik menyediakan “kontrol kopling instan yang disetel dengan baik untuk mengoptimalkan kinerja dalam situasi di mana terjadi perubahan gaya penggerak,” menurut Honda.

Tujuan utama diperkenalkannya sepeda motor E-Clutch adalah untuk membantu pengendara merasakan kenikmatan berkendara tanpa direpotkan oleh kerumitan pengelolaan kopling.

Honda dengan bangga menekankan bahwa sistem inovatif ini dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam konfigurasi mesin yang ada tanpa memerlukan modifikasi signifikan.

Oleh karena itu, Honda berencana untuk menerapkan teknologi E-Clutch secara bertahap di seluruh lini sepeda motor 'menyenangkan' miliknya di masa yang akan datang.

E-Clutch bukanlah terobosan pertama Honda dalam inovasi kopling. Perusahaan memperkenalkan Transmisi Kopling Ganda (DCT), yang telah mencapai kesuksesan besar pada model seperti Honda NT1100 dan Honda Gold Wing.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT